Home / Berita / Internasional / Asia / Hari Ini, Malaysia Janji ‘Buka-bukaan’ Data Mentah Satelit MH370

Hari Ini, Malaysia Janji ‘Buka-bukaan’ Data Mentah Satelit MH370

Pencarian pesawat MH370 oleh Inmarsat, perusahaan pengelola satelit komunikasi. (Reuters)
Pencarian pesawat MH370 oleh Inmarsat, perusahaan pengelola satelit komunikasi. (Reuters)

dakwatuna.com – Kuala Lumpur. Data mentah satelit mengenai pesawat Malaysia Airlines yang hilang dijanjikan akan dirilis pada Selasa (27/5/2014).

Plt Menteri Transportasi Malaysia, Hishamuddin Hussein, mengatakan soal rencana publikasi data mentah tersebut saat meninjau pembangunan terminal baru di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Senin (26/5/2014).

Keluarga dari penumpang dan awak pesawat berkode penerbangan MH370 yang hilang pada 8 Maret 2014 tersebut telah menuntut agar data mentah satelit dibuka untuk publik.

Pencarian pesawat Boeing 777-200ER yang hilang dalam penerbangan dini hari dari Kuala Lumpur menuju Beijing ini sampai sekarang belum menuai hasil.

Inmarsat, perusahaan pengelola satelit komunikasi yang memantau pesawat tersebut pada saat-saat terakhir sebelum hilang, sebelumnya menyatakan tak punya kewenangan untuk membuat publikasi data mentah ini. Namun, pekan lalu, Inmarsat dan otoritas Malaysia menyatakan akan berupaya agar data mentah ini dapat diakses oleh publik.

“Sejalan dengan komitmen kami terhadap transparansi yang lebih besar, semua pihak bekerja untuk merilis log komunikasi data dan deskripsi teknis analisis untuk konsumsi publik,” kata Inmarsat dan pejabat penerbangan Malaysia dalam pernyataan bersama.

Publikasi data mentah satelit akan memungkinkan analisis independen atas misteri hilangnya pesawat ini. Data satelit memperkirakan, pesawat berbelok tajam dari rute penerbangannya sebelum hilang dari radar.

Para analis mengatakan, data mentah ini akan membantu menghapus beberapa kemungkinan kejadian pada pesawat, sekaligus dapat menjadi “bahan bakar” baru untuk pencarian.

Saat ini, Malaysia dan Australia berada di garis depan pencarian pesawat, dengan fokus pencarian di perairan Samudra Hindia, di bagian barat Australia. Namun, sejumlah informasi masih terus bermunculan, termasuk dugaan bahwa pencarian dilakukan di lokasi yang salah. (kompas/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Penyanyi rap Namewee yang dituduh menghina Islam (ibtimes.com)

Penyanyi Rap Kenamaan Malaysia Ditangkap Setelah Dituduh Menghina Islam