Home / Berita / Internasional / Eropa / Sejarah Kebangkitan Islam akan Diajarkan di Sekolah Inggris

Sejarah Kebangkitan Islam akan Diajarkan di Sekolah Inggris

Peta Kesultanan Islam di bumi Nusantara (inet) - catatanristanto.wordpress.com)
Peta Kesultanan Islam di bumi Nusantara (inet) – catatanristanto.wordpress.com)

dakwatuna.com – Inggris.   Sejarah kebangkitan Islam akan masuk dalam salah satu kurikulum pelajaran di sekolah tingkat menengah atas di Inggris atau A-level. Langkah ini diambil setelah otoritas Inggris menganggap kurikulum sejarah terlalu berkiblat ke Barat.

Diberitakan BBC, Selasa 20 Mei 2014, topik kebangkitan Islam yang akan masuk dalam pelajaran sejarah mencakup periode tahun 550 hingga 750. Selain itu, juga akan dimasukkan sejarah kerajaan-kerajaan Prakolonialisasi di Afrika.

Menurut lembaga kajian ujian sekolah Inggris, OCR, tujuan dari penambahan topik-topik baru ini adalah untuk memperluas mata pelajaran sejarah, yang merupakan terpopuler kelima di kalangan siswa.

Kepala unit sejarah di OCR, Mike Goddard, langkah ini juga diambil setelah sejumlah kritik bermunculan. Salah satunya soal tudingan pelajaran sejarah terlalu fokus pada sejarah Barat dan mengulang-ulang studi yang itu-itu saja.

“Universitas-universitas mengatakan kepada kami mereka menginginkan siswa yang memiliki pengetahuan yang lebih luas,” jelasnya.

Rencananya akan ada 10 topik yang benar-benar baru dalam pelajaran sejarah Inggris. Namun rencana ini masih harus mendapat persetujuan pemerintah. Jika disetujui, akan mulai diajarkan di sekolah-sekolah Inggris mulai September 2015. (viva/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (6 votes, average: 8,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Ilustrasi. (collegeaffairs.in)

Membentuk Karakter Pemimpin yang Islami Sejak Dini

Organization