Home / Berita / Internasional / Afrika / Pilpres Aljazair Hari Ini, Rakyat Memilih Perubahan Atau Stabilitas

Pilpres Aljazair Hari Ini, Rakyat Memilih Perubahan Atau Stabilitas

Pemilu Aljazair (alarabiya.net)
Pemilu Aljazair (alarabiya.net)

dakwatuna.com – Algier. Hari ini, Kamis (17/4/2014), 23 juta rakyat Aljazair memberikan suaranya dalam pemilihan presiden. Masa kampanye selama 21 hari yang lalu memberikan tawaran kepada rakyat antara memelihara stabilitas saat ini seperti dijanjikan oleh presiden Abdul Aziz Butafliqa, dan perubahan seperti dijanjikan oleh lima orang kandidat pesaingnya. Dari lima orang kandidat selain Butafliqa, yang diperkirakan berpotensi menyainginya adalah mantan perdana menteri Ali Benflis.

Suasana pemilu presiden kali ini berada dalam situasi yang beda dari biasanya, karena beredar kencang propaganda lepasnya kendali keamanan jika terjadi kejutan dalam hasil pemilu. Misalnya jika oposisi memenangkan pemilu, maka kondisi keamanan dan ekonomi akan goyah, bahkan kacau.

Propaganda yang dipublikasikan media pendukung incumbent presiden Butafliqa ini cukup mempengaruhi psikologi rakyat Aljazair. Kemarin, ribuan mobil terlihat antre di SPBU untuk membeli bahan bakar cadangan untuk mengantisipasi terjadinya kekacauan pasca pemilu. Benflis dituduh telah menyiapkan skenario kerusuhan begitu hasil pemilu ditetapkan.

Sufyan Shakhri, pemimpin partai “Generasi Baru” yang tergabung dalam barisan partai oposisi, memperkirakan rendahnya tingkat partisipasi rakyat dalam pemilu ini. Menurutnya, takkan lebih dari 15%. Shakhri mengatakan, “Kami yakin, departemen dalam negeri akan mengumumkan angka yang tidak masuk akal dan dimark-up. Jelas sekali adanya gejala ke arah itu.”

Para kandidat juga merasa khawatir akan terjadi kecurangan dalam pemilu kali ini seperti yang sebelum-sebelumnya. Oleh karena itu, tiga kandidat pesaing incumbent sepakat untuk membentuk front mencegah terjadinya kecurangan dan mengawasi kotak suara. (mas/dakwatuna/alhayat)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Palestina yang sudah diganti dengan Israel di dalam peta (aljazeera.net)

Gara-Gara Israel, Aljazair Tarik Kembali Buku Geografi yang Baru

Organization