Home / Berita / Internasional / Asia / PM Australia Klaim Tangkap Sinyal Black Box MH370

PM Australia Klaim Tangkap Sinyal Black Box MH370

Area Pencarian Puing-pung MH370 yang terdeteksi citra satelit - Foto: Reuters
Area Pencarian Puing-pung MH370 yang terdeteksi citra satelit – Foto: Reuters

dakwatuna.com – Shanghai.  Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengatakan di Shanghai, China, Jumat, ia yakin sinyal yang dipantau dalam pencarian pesawat Malaysian Airlines MH370 berasal dari kota hitam pesawat yang hilang itu.

“Kami telah jauh memperkecil daerah pencarian dan kami sangat yakin bahwa sinyal yang kami deteksi berasal dari kotak hitam pesawat MH370,” kata Abbott, di Shanghai.

Dia mengatakan ia yakin mengetahui posisi kotak hitam rekaman penerbangan berada pada jarak beberapa kilometer.

Temuan paling akhir tersebut tidak sama dengan menemukan puing yang masih jauh berada di dalam laut, kata Abbott sebagaimana diberitakan Xinhua.

Baterei kota hitam biasanya dapat bertahan selama satu bulan. Sinyal yang berasal dari kotak hitam memudar karena kecelakaan terjadi lebih dari satu bulan lalu.

Australia, bersama dengan China dan negara lain yang terlibat, akan melakukan segala upaya melanjutkan pencarian, kata Abbott saat acara makan siang di Shanghai.

Sebanyak 14 pesawat dan 13 kapal bergabung dalam pencarian, Kamis (10/4), untuk menemukan pesawat yang hilang, setelah “petunjuk yang membesarkan hati” pada Rabu, atau dua sinyal lain yang ditemukan kapal pertahanan Australia, Ocean Shield.

Perdana Menteri China, Li Keqiang, Rabu, mengatakan ia menghargai upaya Australia dalam pencarian tersebut, ketika berbicara dengan Abbot, yang berada di China untuk konferensi tahunan Forum Boao untuk Asia.

Li mengatakan kerja sama internasional memperlihatkan semua negara di wilayah tersebut mampu menangani tantangan melalui upaya terpadu.

Pesawat itu hilang pada 8 Maret, saat terbang dari Kuala Lumpur, Malaysia, menuju Beijing, China, dengan membawa 239 penumpang dan awak, termasuk 154 penumpang China.

Kotak hitam, atau rekaman penerbangan, pesawat tersebut dapat digunakan untuk menyelesaikan misteri mengapa pesawat itu melenceng sangat jauh dari jalurnya. (antara/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 3,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Jika Benar Puing di Reunion adalah MH370, Mengapa Bisa Terdampar Sangat Jauh?