Home / Berita / Silaturahim / STEI SEBI Menjadi Tuan Rumah Temu Ilmiah Regional Jabodetabek 2014

STEI SEBI Menjadi Tuan Rumah Temu Ilmiah Regional Jabodetabek 2014

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Para Pemenang di Ajang Islamic Economics Forum (foto: SEBI)
Para Pemenang di Ajang Islamic Economics Forum (foto: SEBI)

dakwatuna.com – Depok. Islamic Economics Forum (IsEF) dari Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI Depok menjadi tuan rumah ajang temu ilmiah regional pada tahun 2014, rangkaian acara temu ilmiah ini dikenal dengan TEMILREG 2014 yang diselenggarakan oleh FoSSEI (Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam) Jabodetabek. Acara ini berlangsung selama tiga hari berturut-turut pada hari Kamis-Sabtu tanggal 20, 21, dan 22 Februari 2014.

TEMILREG pada tahun ini bertemakan, “Society Empowerment Optimilzation Trough Islamic Economics”. Rangkaian acaranya masih sama dengan tahun sebelumnya, yakni olimpiade ekonomi Islam dan seminar Nasional. Namun, ada yang spesial pada TEMILREG 2014 yaitu kompetisi proposal desa binaan dan video ekonomi Islam yang memiliki manfaat untuk masyarakat.

Acara Temu Ilmiah Regional Jabodetabek ini diikuti oleh 24 kampus se-Jabodetabek seperti Universitas Indonesia, UMJ, UNJ, IPB, STEI TAZKIA, STEI SEBI, Universitas Trilogi, STAI As-syukriah, Universitas Gunadarma, UMT, UNISMA,UDB, UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Ibnu Khaldun, STAIT, dan lain-lain.

Menurut Iqbal Fadli dari IsEF SEBI yang sekaligus berperan sebagai ketua pelaksana memaparkan bahwa TEMILREG JABODETABEK 2014 ini merupakan momentum silaturahim mahasiswa, akademisi, praktisi, serta masyarakat umum untuk memahami lebih jauh mengenai ekonomi syariah dan bersama-sama menjadi subjek pembangun ekonomi umat. Bukan hanya itu, TEMILREG 2014 ini sebagai media partisipasi mahasiswa dalam mengembangakan ekonomi islam.

Hari Pertama, berlangsung acara Seminar Nasional Temu Ilmiah Regional Jabodetabek di Aula STEI SEBI Depok, dengan tema “Islam sebagai penghubung anatara filantropi dan pemberdayaan masyarakat” yang menghadirkan 3 Pembicara Hebat yaitu Dr. Oni Sahroni (Badan Pengurus Harian DSN), Salman AlFarisi (Manager Program Sosial YBM BRI) dan Tatiek Kancaniati (Founder Kampung Wisata Bisnis Tegal Waru) yang dimoderatori oleh Endang Ahmad Yani,SE.,MM. Selesainya acara Seminar Nasional dilanjut ke acara olimpiade ekonomi islam babak penyisihan tahap tes tulis.

Pada hari kedua acara TEMILREG 2014 ini dilanjutkan dengan presentasi lomba proposal desa binaan dan melanjutkan sesi olimpiade yang membutuhkan beberapa tahap seleksi untuk maju ke babak final. Seperti babak penyisihan,babak seperempat final,babak semifinal dan terakhir babak final.

Hari selanjutnya atau hari ketiga, hari yang kita tunggu-tunggu karena pada hari ketiga ini adalah hari puncak acara Temilreg Jabodetabek 2014 ini sekaligus pengumuman kejuaraan perlombaan Temilreg 2014. Juara lomba proposal desa binaan diraih oleh juara 1 dari Institut Pertanian Bogor (SES-C IPB), juara 2 dari Universitas Djuanda (FEI UNIDA) dan juara 3 dari Universitas Gunadarma (SEF Gunadarma). Untuk  juara lomba video sosialisasi public diraih oleh juara 1 dari Universitas Gunadarma (SEF Gunadarma), juara 2 dari Universitas Ibnu Khaldun (KSEI SCIED), dan juara 3 dari STEI TAZKIA (KSEI Progres).

Selanjutnya pengumuman juara olimpiade yang sangat dinantikan oleh peserta dan yang hadir karena kejuaraan ini yang mereka nanti-nantikan. Ini dia para juara olimpiade ekonomi islam Temu Ilmiah Regional Jabodetabek, juara 1 diraih oleh kampus STEI TAZKIA (KSEI Progres), juara 2 oleh kampus Institut Pertanian Bogor (SES-C IPB) dan juara 3 diraih oleh kampus STEI SEBI (KSEI IsEF SEBI) Tim dari delegasi kampus yang menjadi tuan rumah acara Temilreg Jabodetabek.

Acara ini disponsori oleh: BJB Syariah, Bank Permata Syariah, Bank Syariah Mandiri, Rumah Zakat, BMM, BAZMA, ZIS Indosat, Koperasi Karyawan PT. YKK AP, MTT, Delima Collection,PKPU,Karyawan Bank Panin Syariah,BPRS HIK. Media Patner: Seputar Kampus,Kabar Kampus, Info Lomba dan Hallo Mahasiswa. Diselenggarakan oleh: FoSSEI Jabodetabek, KSEI IsEF SEBI dan STEI SEBI Depok. (SN/IsEF/ded/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Deddy S

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Lulusan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sejak kecil menggemari segala jenis masakan. Hingga kini senang membaca dan mengakrabi aksara.

Lihat Juga

LDK Sebi Solidarity for Palestine Gelar Acara Puncak Syar’i 8