Home / Berita / Nasional / Masjidku Bersih dan Hijau, Bersihkan dan Hijaukan 226 Masjid

Masjidku Bersih dan Hijau, Bersihkan dan Hijaukan 226 Masjid

Relawan 'Masjidku Bersih dan Hijau' RZ
Relawan ‘Masjidku Bersih dan Hijau’ RZ

dakwatuna.com – Jakarta. Hingga Januari 2014, Relawan RZ (Rumah Zakat) telah bersihkan dan hijaukan 226 masjid di nusantara. Gerakan Masjidku Bersih dan Hijau yang dimulai April 2013 ini melibatkan 1.450 relawan RZ di 32 kota, mulai dari Aceh hingga Papua

Dalam aksi ini, relawan membersihkan masjid dan sekitar, menanam tanaman di lingkungan masjid dan menyalurkan bantuan peralatan kebersihan. Selain Relawan RZ, aksi ini juga melibatkan remaja masjid, masyarakat lokal dan komunitas lingkungan.

“Alhamdulillah gerakan ini dapat tersebar luas dan terbangun sinergi dengan beragam pihak,” syukur Herlan Wilandarian Syah, Koordinator Relawan RZ, Rabu (12/02).

Gerakan ini adalah bagian dari upaya untuk mengajak masyarakat kembali memakmurkan  dan mencintai masjid. “Dengan kondisi dan suasana masjid yang bersih, asri, rapi harapannya jamaah menjadi lebih betah di masjid dan rindu untuk kembali ke masjid,” jelas Herlan. Selain agar lingkungan masjid menjadi hijau dan sejuk, tanaman-yang ditanam para relawan diharapkan dapat membantu proses air terserap tanah, agar risiko banjir berkurang.

Masjid yang diutamakan untuk dibersihkan adalah masjid yang kurang terawat karena keterbatasan SDM. “Biasanya masjid yang kami datangi mempunyai sedikit pengurus. Bahkan ada masjid yang hanya dijaga oleh seorang marbot yang mengurusi segala hal mulai dari kebersihan masjid hingga merawat sarana prasarannya,” ujar Dinni Helmiyati Fajri, Relawan RZ.

Aksi yang dilakukan meliputi kebersihan toilet, tempat wudhu, ruang utama masjid, penataan taman masjid, dan pemasangan stiker dan poster untuk dekorasi masjid. Aksi tersebut mendapat sambutan positif dari masyarakat setempat.

“Saya sampai terharu melihat kerja sama bersih-bersih masjid ini.  Ternyata masih banyak pemuda yang peduli dan mau membersihkan masjid. Saya mewakili jamaah Masjid Baiturahman mengucapkan terima kasih kepada RZ, para relawan dan donatur program ini. Semoga menjadi penyemangat jamaah masjid ini untuk terus merawat dan menjaga kebersihan dan kemakmuran masjid,” tutur H. Mustofa Bisri, Ketua DKM Masjid Baiturahman, Jebres Solo. (RZ/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Diguncang Bom, Jerman Perketat Pengawasan Masjid-masjid di Dresden