Home / Berita / Nasional / 100 Relawan untuk Bantu Korban Bencana Nasional

100 Relawan untuk Bantu Korban Bencana Nasional

Relawan RZ sedang melakukan pelayanan kesehatan kepada korban banjir. (foto: rz)
Relawan RZ sedang melakukan pelayanan kesehatan kepada korban banjir. (foto: rz)

dakwatuna.com – Bandung. Untuk membantu korban bencana yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia, RZ turunkan 100 relawan. Relawan tersebut tersebar di Jakarta, Bekasi, Karawang, Indramayu, Subang, Kudus, Tangerang, Pekalongan, Medan, dan Manado.

“Relawan ini kami turunkan ke lokasi banjir, longsor dan erupsi Gunung Sinabung. Alhamdulillah yang terbantu sebanyak 21.072 orang. Bantuan yang disalurkan berupa tenaga teknis, tenaga ahli, pelayanan kesehatan, makanan dan logistik,” jelas Herlan Wilandarian Syah, Koordinator Relawan RZ, Rabu (29/01).

Relawan RZ tidak hanya melakukan aksi tanggap darurat, evakuasi dan recovery saat terjadi bencana. Para relawan ini juga membangun kesadaran dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menghadapi ancaman bencana. Terutama bagi siswa yang berada di kawasan rawan bencana. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko dan dampak yang mungkin terjadi.

“Program tersebut kami namakan Volunteer Goes To School. Selama tahun 2013, program ini telah dilakukan sebanyak 133 kali dengan jumlah peserta 23.865 orang yang tersebar di 30 kota di Indonesia,” tutur Herlan.

Aktivitas yang dilakukan relawan RZ tidak melulu berkaitan dengan bencana alam, tapi juga bencana sosial. Selain itu para relawan juga  melakukan pemberdayaan masyarakat, aksi pelestarian lingkungan, aksi mencerdaskan anak Indonesia dan berbagai aksi positif lainnya. “Kami membuka kesempatan kepada seluruh umat muslim yang ingin terlibat dalam aksi kemanusiaan untuk bergabung bersama relawan RZ,” pungkas Herlan. (rz/sbb/dakwatuna)

 

Advertisements

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Korban Banjir Limapuluh Kota Bertahan di Atap Rumah