Home / Berita / Nasional / Habibie dan Anis Matta, Dua Kepala Satu Gagasan

Habibie dan Anis Matta, Dua Kepala Satu Gagasan

Habibie dan Anis Matta
Habibie dan Anis Matta

dakwatuna.com – Jakarata.  BJ. Habibie hadir di acara Mata Najwa yang tayang di Metro TV, Rabu (5/2). Selain bicara tentang cinta dan pengetahuan, Presiden ke-3 Republik Indonesia ini juga berbagi pemikiran tentang kepemimpinan.

Tentang kepemimpinan, Habibie punya kriteria tersendiri. Menurutnya, tidak semua orang cocok mencalonkan diri menjadi pemimpin Indonesia  di pemilu 2014. Ada batasan umur yang harus diperhatikan.

“Kriteria saya, harus (berumur) 40 sampai 60 tahun,” kata Habibie. Profesor lulusan Jerman itu berkali-kali mengulang jawabannya. Bahkan ketika Pembawa Acara Najwa Shihab menunjukkan beberapa foto calon presiden yang sudah tua, Habibie kembali menegaskan jawabannya, “40 sampai 60 tahun!” Pendirian Habibie yang kukuh itu langsung mengundang tawa penonton di studio.

Selanjutnya Habibie bercerita tentang generasi yang tumbuh di Indonesia. Menurutnya, ada 3 generasi yang telah lahir hingga saat ini. Pembagian generasi itu dimulai sejak masa perjuangan merebut kemerdekaan.

“Dalam perjuangan Bangsa Indonesia yang modern, ada tiga generasi yang kita kenal. Generasi angkatan ‘45, yang hanya mengenal merdeka atau mati.  Dia lahirkan Pancasila, Undang-undang Dasar, dia merebut semua, hingga kita merdeka. Jiwanya itu harus kita pelihara,” tutur Habibie.

Setelah itu, kata Habibie, ada generasi peralihan. “Generasi yang pernah bekerja erat dengan angkatan ’45, tapi juga pernah bekerja erat dengan generasi penerus. Yang (berumur) di atas 60 (tahun), saya masukkan ke generasi peralihan. Karena mereka pernah bekerja sama dengan generasi ’45 dan generasi penerus. Mereka harus rela menyerahkan kepemimpinan kepada generasi penerus,” ungkap Habibie.

Untuk menjelaskan tentang generasi penerus, Habibie kembali ke kriterianya tentang calon pemimpin bangsa. “Generasi penerus itu kriterianya, berumur antara 40 sampai 60 tahun,” jelas Habibie.

Apa yang diungkapkan Habibie ini mengingatkan masyarakat pada gagasan Anis Matta. Ada kesamaan ruh pada ide yang mereka sampaikan. Ada kesamaan semangat untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik.

Habibie dan Anis sama-sama membagi perjalanan bangsa Indonesia menjadi tiga bagian. Habibie membagi generasi Indonesia seperti yang diungkapkan di atas. Anis menyebutnya perjalanan bangsa Indonesia dengan istilah “gelombang”.

“Gelombang pertama adalah masa sebelum kemerdekaan hingga proklamasi, atau kita sebut sebagai proses ‘menjadi Indonesia’. Orang-orang di gelombang pertama, mulai timbul kesadaran untuk bersatu guna menghadapi tantangan dari luar,” kata Anis.

Pada gelombang kedua, masyarakat berpikir untuk membuat Indonesia jadi lebih baik. “Pada gelombang kedua, kita menyaksikan  beberapa peralihan kekuasaan di Indonesia. Orde Lama datang dengan fokusnya di bidang politik. Lalu Orde Baru menggantikan Orde Lama, fokus bangsa ini bergeser dari politik ke ekonomi. Selanjutnya masa reformasi menggantikan Orde Baru. Di masa reformasi, titik tekannya ada pada masyarakat. Gelombang kedua ini kita sebut sebagai proses ‘menjadi negara-bangsa modern’,” ungkap Anis.

Saat ini, menurut Anis, masyarakat Indonesia bersiap memasuki gelombang ketiga. “Gelombang ketiga ini dicirikan dengan munculnya masyarakat Indonesia dengan lima ciri, yaitu populasi masyarakat didominasi orang muda – terutama yang berumur 45 tahun ke bawah, berpendidikan bagus, berpenghasilan bagus, terkoneksi dengan baik, dan warga negara asli demokrasi (native democracy),” jelas Anis.

Dengan demikian, Anis berpendapat, dibutuhkan pemimpin yang cocok dengan kondisi masyarakat. Zaman berubah, masyarakat berubah, maka perlu pemimpin yang memahami perubahan ini. “Kita harus mencari pemimpin yang bisa mewakili pikiran, budaya, dan kepribadian dari generasi gelombang ketiga ini,” pungkas Anis. (anismatta.net/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (39 votes, average: 8,28 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
  • Hamba Allah

    LHI yang di vonis 16 tahun penjara, dikatakan seperti Nabi Yusuf.
    Anis Matta dikatakan seperti Bj. Habibi.

    MEmang PKS adalah orang2x suci dan berprestasi… kesuciannya setingkap para nabi, dan kecerdasannya setingkat para nabi dan setingkat pak Bj Habibi..

    Luar biasa..

    • Generasi Ketiga

      sepertinya antum termasuk generasi gelombang zaman jahiliyah.. masih kesulitan mendapatkan dan menerima kebenaran.. hat hati menggunakan nama Allah dinama antum.. jika pemikiran dan ucapan antum bertentangan dengan ajarannya..

      • Hamba Allah

        Kebenaran apa yang kamu tawarkan?
        LHI yang di vonis penjara 16 tahun karena terbukti melakukan pencucian uang, korupsi dll? dan sebenarnya ia tidak bersalah? inikah kebenaran yang kamu maksud?
        Vonis 16 tahun ditentukan dipengadilan, maka silahkan kamu buktikan dipengadilan bahwa ia tidak bersalah! inilah sistem yang benar, bahkan didalam sistem islam sekalipun.
        adapun menutup2x kesalahan dengan omong kosong, atau menyamakan koruptor dengan para nabi yang suci, tentu hal yang tidak bisa diterima.. itulah jahiliyyah yang sebenarnya… yaitu fanatik buta terhadap golongan meskipun salah.

        • Hadi Nug

          @Hamba Allah :disqus, Gua suka gaya loe!

          • Guest

            gua seneng cara lo bro……..gw lebih seneng andai lu g nerima uang sogokan tapi lo dijeblosin……ke penjara…lo tanya dah fatonah uang y tuh bru rencana mw dia kasih media terutma TV ONE memblow up uang sudah ditangan LHI, yang lebih gw senang hamba allah tpi kroscheck dulu nih berita,,,,g tantang dah lo nemuin fatonah…lo tanya dah yng bener mana coy…media sekuler lo amini tapi media islam lo ……….?tanya hati nurani lo ajah dah hamba allah yang mulia

          • Hamba Allah

            Vonis penjara 16 tahun bukan karena masalah itu saja, tapi masalah lainnya. Masalah pencucian uang.

            Lebih baik jika kamu yakin LHI tidak bersalah, bukan ribut disini, tapi datangi pengadilan, silahkan banding, buktikan kalau ia tidak bersalah. Jika pengadilan sudah memutuskan tidak bersalah, maka disitu saudara bisa bicara bahwa ia bebas dari tuduhan. Coba dicek, berapa kekayaannya yang ia laporkan sekatu jadi DPR, dan berapa kekayaannya setelah ia ditangkap, silahkan dilakukan pembuktian terbalik. Biar kita tahu berapa kekayaannya yang bisa ia pertanggung jawabkan. Yang jelas, silahkan buktikan itu di pengadilan, bukan di dakwatuna.

          • Ani Marsela

            baca berita yg bener mas,,uang 1,3 M yg diterima Ahmad Fatonah (AF) ada dlm 2 tahap. Pertama sebesar 300jt yg akhirnya dipakai sendiri oleh AF untuk proyek PLTS.
            Kedua, sebesar 1 M yg dipakai sendiri oleh AF (400jt untuk pembayaran mobil KPD Felix Radjali, 495 jt dibayar untuk pembayaran interior kepada Ilham), sisa 105jt. Sedangkan berita miring menyatakan LHI terima uang suap dr indoguna sebesar 1,3 M melalui perantara AF..helooo…kan sisanya 105 jt?? masa mau disetarakan dgn 1,3 M???
            satu lagi, bukti sadapan telepon AF kepada sopirnya: “ada daging untuk luthfi?” di fakta persidangan ketika diperdengarkan sadapan “ada daging busuk”>
            TIDAK ADA BUKTI MEYAKINKAN UANG TSB UNTUK LHI. TV One yg memblow up semua itu jadi samar.
            BERANI JUJUR ITU HEBAT mas

            lho?? mas duluan yg komen dan ribut duluan disini, kalo mau, buktikan sama mas sendiri di pengadilan kalo LHI itu bersalah..

            pengadilan yg sebenarnya itu di akhirat mas, kebenarannya akan terungkap semua disana.

          • Hamba Allah

            Mbak… vonis bukan hanya karena itu kan?

            begini saja mbak, bawa bukti2x itu kepengadilan, jika saudara LHI bebas, saya baru percaya.
            Saya ini orang awam dalam bidang hukum, jadi saya serahkan sepenuhnya kepada pengadilan. cepetan mbak, kan kasihan kalau LHI tidak bersalah, malah dipenjara 16 tahun.

            Betul pengadilan yang maha adil adalah di akhirat, karena luar dalam (zahir dan batin) akan jadi pertimbangan, dan Allah maha tahu segala sesuatu. namun didunia, hakim hanya melihat bukti2x luar, adapun batin, tidak ada kemampuan baginya untuk itu, dan zahir saja cukup didalam pengadilan dunia. dengan demikian, selama saya masih didunia, saya percaya dengan pengadilan, hingga terbukti terjadi penyimpangan. Selagi tidak terbukti penyimpangan, maka tetap saya percaya.

          • Ani Marsela

            Hamba Allah: saya lebih percaya perkataannya Imam Bukhari yg banyak meriwayatkan hadits dibanding dengan perkataannya orang2 yg memblow up berita itu semua termasuk pengadilan,,yg ga jelas aktivitas mereka ngapain aja, ga jelas mereka tidur berapa jam, ga jelas seberapa dekat mereka dengan Allah swt.

            #semoga Allah memberikan anda hidayah

          • Hamba Allah

            Apakah Imam Al Bukhori meriwayatkan hadis yang menjelaskan bahwa LHI tidak korupsi, dan tidak melakukan pencucian uang?

            Kayaknya ngak ada hadis yang mengatakan begitu…
            Dengan demikian, koment anda tidak nyambung dengan konteks permasalahan yang sedang dibahas.

            Amin ya rabb.

          • Simon Prassetyo

            setuju gw sama Mas Hamba Allah…banyak org beragumen dan beropini, tp tetap saja pembuktian di pengadilan…selama ga ada yg bs membuktikan LHI tidak bersalah, gw ttp percaya pengadilan yg sudah membuktikannya…makan tuh 16 tahun rot in jail….

          • Ani Marsela

            justru fakta di persidangan tidak terbukti, sadapannya ‘ada daging busuk’, BUKAN ‘ada daging untuk luthfi’

            masih percaya dengan berita yang ga jelas?? hmm..

          • Hamba Allah

            Korupsi tidak harus menerima uang, dan vonis LHI tidak hanya sekedar korupsi, tapi ada juga kasus pencucian uang. diantara sebab vonis:
            – Terdakwa LHI dinilai tidak jujur dan menyembunyikan harta kekayaannya, Jumlah dana milyaran dalam rekeningnya tidak sesuai dengan laporan harta kekayaan penyelenggara negara yang telah menyebut tidak memiliki penghasilan lain kecuali gaji dan tunjangan anggota DPR senilai Rp 58,954 juta ditambah Rp 50 juta sebagai presiden PKS telah dikurangi iuran per bulan Rp 20 juta.
            Bisakan jelaskan dari mana uang, rumah2x, mobil dll itu?
            Kenapa tidak dilaporkan? kenapa berbohong dalam laporan kekayaan?

            Maka saya katakan, betul berita banyak bohongnya, banyak ngak benarnya, bahkan mungkin berita yang saudari sampaikan, dan yang disampaikan teman2x pks yang menyemakan LHI dengan nabi Yusuf. Innalillah wainna ilaihi rajiun.. Oleh karena berita berjalan sesuai dengan kemauan pemiliknya, maka, pembuktian didalam pengadilan, bukan di facebook, atau di dunia maya. langsung kepengadilan, dan banding. saya tunggu berita bandingnya, dan berita bebasnya. saya berharap beliau bebas, jika tidak bersalah, dan berharap ditambah hukumannya jika bersalah.

          • Simon Prassetyo

            Mohon baca komen saya di atas…”selama ga ada yg bs membuktikan LHI tidak bersalah, gw ttp percaya pengadilan yg sudah membuktikannya…makan tuh 16 tahun rot in jail”…

          • Hamba Allah

            alangkah baiknya jika semua koruptor di miskinkan dan dipenjara dan waktu yang lebih lama lagi, atau dihukum mati, jika benar2x terbukti korupsi…..

          • Ani Marsela

            sebagai orang yg beriman (namanya akun Hamba Allah), harusnya anda cerdas memahami komentar saya :)

            sudahlah,,di akhirat, semuanya akan terbukti :)

          • Hamba Allah

            Mohon maaf kalau pemahaman saya salah, tapi cobalah dilihat diatas, saya bicara tentang LHI divonis dipengadilan dengan penjara 16 tahun. terus saudari berkata:
            “saya lebih percaya perkataannya Imam Bukhari yg banyak meriwayatkan hadits dibanding dengan perkataannya orang2 yg memblow up berita itu semua termasuk pengadilan,,yg ga jelas aktivitas mereka ngapain aja, ga jelas mereka tidur berapa jam, ga jelas seberapa dekat mereka dengan Allah swt.”

            ada dua kemungkinan dari perkataan itu:
            1. perkataan itu berhubungan dengan konteks pembicaraan, dengan demikian seakan-akan saudari mengklaim bahwa BUkhori meriwayatkan sesuatu yang berhubungan dengan malasalah LHI dan kamu lebih percaya dengan riwayat Al BUkhori itu dari pada berita.
            2. kemungkinan yang kedua, perkataan saudari itu tidak ada hubungannya dengan vonis LHI. pertanyaannya: apa hubungan perkataan itu dengan vonis.?
            Kemungkinan manapun yang saudari pilih, tetap menunjukkan cara berfikir yang kurang tepat (sorry).:D

    • bang zae

      Makanya belajar baca yang bener “PEMIKIRAN ATAU GAGASAN YANG SAMA”, ngapa jadi nabi Yusuf sama para nabi2 yg dibawa2, katro ne kebangetan

      • Hamba Allah

        kenapa nabi yusuf dibawa2x? kan orang-orang pks yang bawa-bawa itu, ditulisan mereka, di status mereka, dll….?

        • bang zae

          gw bukan orang PKS atawa simpatisan, kenyataannya gak seperti itu

          • Hamba Allah

            owh…ya udah…comment saya untuk teman2x pks yang “suci” kok…

  • Erik Eri

    Kriteria yg tepat utk menjadi pemimpin indonesia memang datang nya dari PKS.

  • Guest

    Inimah berita titipan Partai Korupsi Sapi. :/

    • Partai Kepalsuan Sejati :)

      • bang zae

        apakah KPK pernah bicara PKS sebagai institusi melakukan Korupsi ? atau LHI nya, baca berita yang benar donk!

  • Wah… PKS sedang berkhayal… jauh banget kali pemikirian Anis Mata Sama Habibie.

    • bang zae

      Berkhayal untuk kemajuan Bangsa Gak ada salahnya toh, dari pada gak punya pemikiran untuk bangsa tapi koar2 kgak karuan

    • Ani Marsela

      kemajuan bangsa itu perlu khayalan dan mimpi, jembatan pasopati aja adanya berawal dari khayalan dan mimpi, begitu juga menara eiffel dll

  • nanang qosim

    KPK tidak pernah bilang bahwa PKS korupsi sapi,yg bilang PKS korupsi itu harus banyak baca berita

Lihat Juga

Presiden PKS, Anis Matta

Jatuhnya Pesawat Hercules, Presiden PKS: Saya Anjurkan Audit Menyeluruh Kelayakan Alutsista TNI