Home / Berita / Daerah / KAMMI Konsisten Bantu Korban Erupsi Sinabung

KAMMI Konsisten Bantu Korban Erupsi Sinabung

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Logo KRC (foto: KAMMI Sumut)
Logo KRC (foto: KAMMI Sumut)

dakwatuna.com – Medan. Tidak ada satu orang pun yang bisa mencegah terjadinya bencana di dunia ini. Begitu juga dengan erupsi Gunung Sinabung yang terjadi saat ini di Tanah Karo, Sumatera Utara. Banyak dari rumah dan lahan warga yang rusak dan tertimbun abu vulkanik Gunung Sinabung. Intensitas erupsi yang terjadi mengakibatkan gumpalan awan panas dan abu vulkanik yang menutupi seluruh desa yang berjarak 5 km dari Gunung Sinabung.

Dalam situasi yang sedang rawan bencana di setiap daerah di Indonesia, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) turut mengambil peran sosial dalam membantu korban bencana tersebut.

KAMMI Reaksi Cepat (KRC) merupakan bentuk nyata salah satu lembaga sosial KAMMI yang dibentuk khusus untuk menolong korban bencana alam di daerah Indonesia. KRC yang berdiri sejak lahirnya KAMMI ini mulai aktif di awal tahun 2004.

“KRC merupakan lembaga sosial KAMMI yang berdiri sejak KAMMI dideklarasikan dan aktif di awal tahun 2004 untuk terjun ke daerah yang terkena dampak bencana alam. Contohnya tsunami Aceh di tahun 2004 lalu,” ungkap Liyuda Sahputra Direktur Utama KRC Pusat di Medan.

Yuda menambahkan bahwa KRC juga memberikan Pelatihan Mitigasi Bencana Alam kepada anggota KAMMI dan membentuk  Korps Relawan KAMMI yang siap ditempatkan di daerah bencana.

“Alhamdulillah, KAMMI Medan sudah mendapatkan Pelatihan Mitigasi Bencana Alam dan membentuk beberapa Korps Relawan KAMMI kemarin,” kata Riko Putra Tanjung selaku Ketua KAMMI Daerah Medan saat ditemui di Sekretariatan KAMMI Medan.

KAMMI Peduli Bencana Nasional

KRC Pusat yang diwakili langsung oleh Liyuda Sahputra telah tiba di Medan sejak Kamis lalu (30/1/2014). Dalam kesempatan ini, KRC dan Pengurus Wilayah KAMMI Sumut telah mengagendakan sejumlah kegiatan bersama yang akan dilakukan di Tanah Karo seperti pemberian bantuan berupa dana dan pakaian serta membantu relawan di tempat pengungsian.

“Saya telah menginstruksikan kepada setiap anggota KAMMI untuk memberikan bantuannya baik berupa dana maupun pakaian untuk disumbangkan ke korban erupsi sinabung. Kita juga selalu berkoordinasi dengan KRC Pusat untuk mengirimkan relawan ke Karo,” jelas Afri Dermawan selaku Ketua Wilayah KAMMI Sumut.

Terkait jatuhnya korban yang menimpa 15 orang karena dampak awan panas erupsi gunung sinabung beberapa waktu lalu, KAMMI Wilayah Sumut beserta KAMMI Medan mengucapkan turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya dan sangat menyesalkan kejadian tersebut.

“Tidak seharusnya ada korban yang jatuh, karena setiap portal yang telah ditentukan oleh BNPB dijaga ketat oleh aparat keamanan dan pihak terkait. Ada 2 kemungkinan kenapa hal ini sampai terjadi, pertama karena kelalaian petugas saat bekerja dan kedua petugas membiarkan warga masuk ke portal tersebut,” tegas Riko.

“Walau bagaimana pun, KAMMI Sumut turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas jatuhnya korban erupsi gunung sinabung, terkhusus kepada korban aktifis gerakan dari teman-teman GMKI,” tambah Afri. (ded/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Deddy S

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Lulusan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sejak kecil menggemari segala jenis masakan. Hingga kini senang membaca dan mengakrabi aksara.

Lihat Juga

Sarana Air Bersih bagi korban gunung sinabung Tanah Karo Medan, Sumatera Utara. (Rena/RZ)

RZ Bantu Korban Sinabung Sediakan Sarana Air Bersih