Home / Berita / Nasional / Tips Bersihkan Rumah Pasca Banjir

Tips Bersihkan Rumah Pasca Banjir

Foto udara banjir jakarta (Foto: viva.co.id)
Foto udara banjir jakarta (Foto: viva.co.id)

dakwatuna.com – Yogyakarta.  Pasca banjir banyak hal yang harus dilakukan warga yang rumahnya kebanjiran. Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Prof Tjandra Yoga Aditama melalui surat elektronik yang diterima Rol memberikan tip mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membersihkan rumah pasca banjir.

Ini tip yang bisa dilakukan saat bersih-bersih rumah:

1. Sedapat mungkin gunakan sepatu boot dan sarung tangan ketika membersihkan rumah, jangan hanya pakai sandal dan sedapat mungkin jangan tangan telanjang. Karena air banjir bisa saja kotor dan mengandung bakteri, virus dan lain-lain

2. Sering-sering mencuci tangan dan kaki, dengan air mengalir dan sabun. Kontaminasi kotoran air bekas banjir akan diminimalisir dengan mencuci tangan dan kaki secara berkala.

3. Bahan makanan yang terendam air banjir juga mungkin tidak sehat lagi untuk dikonsumsi. Karena itu sebaiknya gunakan bahan makanan sehat agar tidak menimbulkan gangguan saluran cerna.

4. Kalau sumber air bersih memang biasa menggunakan sumur dan daerah Anda terendam banjir, maka bukan tidak mungkin air sumur  tercemar. Untuk itu koordinasikan dengan petugas kesehatan lingkungan di Puskesmas / Dinas Kesehatan setempat untuk penjernihan sumur

5. Apabila obat-obat persediaan di rumah  terendam banjir, pastikan obat-obat itu tercemar atau tidak. Obat yang berbentuk cair maka seringkali sudah tercemar. Kalau yang padat juga akan tergantung berapa lama terendamnya, apakah kemasannya baik, dan lain-lain. Komunikasikan dengan petugas kesehatan setempat. Kalau memang tercemar (walaupun sedikit) maka jangan dikonsumsi lagi

6. Pakaian, kasur, busa kursi, karpet dan bahan kain lainnya yang terendam banjir harus di cuci dengan sabun dan di jemur sampai kering dan bersih betul, sebelum digunakan.

7. Air yang digunakan untuk membersihkan lantai dan lain-lain seyogyanya  air bersih. Sedapat mungkin jangan gunakan air banjir yang masih ada untuk membersihkan rumah misalnya di lantai dua. (rol/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Tim rescue PKPU melakukan aksi bersih-bersih di SDN 2 Kebonagung, Ahad (18/9/2016) (Muthori/Putri/PKPU)

Respon Cepat PKPU Tangani Banjir dan Longsor Pacitan