Home / Berita / Daerah / Lansia, Anak-anak dan Ibu Hamil Jadi Fokus Evakuasi

Lansia, Anak-anak dan Ibu Hamil Jadi Fokus Evakuasi

Evakuasi Korban Banjir oleh Tim Rescue PKPU, Senin 13/11/14 (Foto: pkpu)
Evakuasi Korban Banjir oleh Tim Rescue PKPU, Senin 13/11/14 (Foto: pkpu)

dakwatuna.com Jakarta.  Hari kedua aksi banjir Jakarta, Tim Rescue PKPU meneruskan evakuasi di Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makassar, pada Senin, 13 Janurai 2014.  Bertempat di RW 03, tim rescue berkoordinasi dengan Lina, bidan setempat.  Koordinasi dengan relawan lokal ini untuk melakukan assessment dan pemetaan lokasi dan banyaknya korban terdampak banjir.  Dari bidan ini juga diketahui kondisi kesehatan korban pasca banjir.  Tim rescue PKPU di daerah ini dipimpin oleh Eko Sulistiyo.

Banjir merendam rumah warga di RW.03 mencapai ketinggian 60 – 200 cm.  Dampak banjir meliputi 9 RT dari 14 RT yang ada di RW.03. Tak kurang dari 779 KK dan 1675 jiwa turut menjadi korban. Warga yang mengungsi hanya 3 RT dan di tampung sementara di Masjid Al Muqorrbin. Sisanya masih bertahan di rumah-rumah mereka. Banjir di lokasi ini cukup deras airnya, karena merupakan aliran dari sungai Sunter.  Di samping itu rumah-rumah warga yang berada di gang kecil dan sempit tidak dapat dilalui perahu karet besar.

Seluruh tim yang terdiri dari Eko Sulistiyo, Nofri, Mukti dan kameramen PKPU TV, serta  Fotografer Sukismo, akhirnya terjun untuk evakuasi.  Dengan menggunakan perahu karet kecil berkapasitas 6 orang dengan 4 orang pendayung. Evakuasi diutamakan kepada kelompok rentan dalam bencana, yaitu lansia, anak-anak dan ibu hamil.

Evakuasi tersebut mendapat perhatian dari  Camat Makassar Ari Sonjaya, Lurah Cipinang Melayu Syaiful Hayat, Kapolsek Makassar. Kompol Sutarjo dan Danramil.

“Apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Tim PKPU atas kerja nyata yang telah membantu berkontribusi dalam penanggulangan banjir di Jakarta,” demikian disampaikan Camat Makassar Ari Sonjaya.

Setelah rehat dan shalat Maghrib Tim DRM PKPU melanjutkan aksinya dengan membagikan makan malam siap saji kepada para warga yang masih bertahan di rumah-rumah mereka. Aksi ini berlangsung hingga pukul 20.00 Wib. Tim Rescue pimpinan Eko Sulitiyo kemudian digantikan tim rescue pimpinan Suharjoni yang baru tiba.
(Kismo/ER PKPU/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Prosmiling (Program Kesehatan Masyarakat Keliling) di Desa Pasarean Kecamatan Pamijahan, Kampung Sindang Asih, Bogor, Ahad (13/11/2016). (Dita/Putri/PKPU)

HAI UEA – PKPU Berikan Layanan Kesehatan Gratis di Kampung Sindang Asih Bogor

Organization