Home / Berita / Nasional / Yusril: Kasus Anas Harus Ditangani Profesional dan Adil

Yusril: Kasus Anas Harus Ditangani Profesional dan Adil

Pakar Hukum Tata Negara, Prof.DR. Yusril Ihza Mahendra (Foto: viva.co.id)
Pakar Hukum Tata Negara, Prof.DR. Yusril Ihza Mahendra (Foto: viva.co.id)

dakwatuna.com – Manado.  Calon Presiden dari Partai Bulan Bintang  (PBB) Yusril Ihza Mahendra menyatakann, kasus hukum yang melibatkan mnatan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrun harus dilakukan profesional dan adil.

“Saya berharap proses hukumnya adil. Kalau cukup bukti silakan dipidana, kalau tidak cukup bukti jangan ragu-ragu untuk membebaskan,” kata Yusril, yang juga pakar Hukum Tata Negara ini, Sabtu (11/1) di Manado.

Yusril menegaskan,  pengadilan hendaknya tidak dijadikan tempat untuk menghukum orang. Tetapi harus dijadikan tempat untuk menegakkan keadilan.

“Jadi saya tetap berharap agar (kasus Anas)  diproses secara berkeadilan dan obyektif,” harap Yusril.

Sebelumnya Ketua Umum PBB MS Kaban meminta KPK bertindak adil dalam menegakkan hukum.  Menurutnya, dalam kasus Hambalang, selain nama Anas, nama Edhy Bhaskoro alias Ibas  juga disebut dalam kesaksian, baik di KPK maupun di persidangan.

Kaban menegaskan, meskipun Ibas adalah putra Presiden namun di mata hukum status keduanya tidaklah berbeda.

“Walau Ibas anak Presiden tidak ada keistimewaan di hadapan hukum,” kata Mantan Menteri Kehutanan ini seperti dikutip dari laman mabespbb.

Lebih lanjut Kaban menyatakan, selama ini SBY menunjukkan komitmen yang baik dalam penegakan hukum. Menteri-Menterinya yang terlibat kasus hukum rela dicopot.

“Bahkan besannya pun diikhlaskan untuk diadili,” kata dia.

Karenanya dalam penegakan hukum, SBY juga harus bersikap yang sama meskipun terhadap anak sendiri.

Kaban membandingkan dengan mantan penguasa Orde Baru Soeharto yang merelakan anaknya, Hutomo Mandala Putra menjalani pengadilan karena terlibat kasus hukum. (tajuk/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 5,67 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
  • Hasymi Hadi

    serahin aje deh ke KPK mereka juga punya cara sendiri dalam menangani setiap permasalahan … jng ampe ada yang intervensi … biarkan masalah berjalan dengan semestinya …

Lihat Juga

Wakili Sikap PBB, Ban Ki Moon: Permukiman Yahudi Itu Ilegal