Home / Berita / Nasional / Serangan ke Situs DKPP Semakin Gencar

Serangan ke Situs DKPP Semakin Gencar

Situs Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (Foto: Kompas)
Situs Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (Foto: Kompas)

dakwatuna.com – Jakarta. Laman Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu tidak lepas dari sasaran ancaman tangan-tangan jail di dunia maya. Sejak tahun 2013, sampai awal tahun 2014 laman www.dkpp.go.id sudah tiga kali diretas.

Tenaga Ahli IT DKPP Syopiansyah JP mengatakan, situs DKPP ini banyak dikunjungi oleh para pencari informasi di dunia maya. Apalagi pasca pemberitaan peretasan situs DKPP pada Kamis (27/12).

“Dengan banyaknya pengunjung ini sehingga dimungkinkan mengundang kepenasaran dari para peretas untuk mencoba kembali meretas situs ini,” jelas dosen UIN Jakarta, Kamis (9/1).

Hal itu terbukti, hasil monitoring akses sistem aplikasi laman DKPP pada   29 Desember 2013 hingga 8 Januari 2014 mengalami peningkatan jumlah traffic pengunjung yang sangat tajam termasuk di dalamnya pihak-pihak yang mau mengganggu situs ini.

“Selama 29 Desember 2013-8 Januari 2014 mencapai 5 hit per detik,” jelas pria yang juga mengajar di Pascasarjana Universitas Bandar Lampung itu.

Dia menambahkan, para peretas ini tidak hanya dari dalam negeri ada pula  dari luar negeri seperti Rusia dan Australia. “Hal itu berdasarkan traceroute internet protocol (IP) tertulis nama kota di suatu negara. Meskipun adakalanya IP itu dipalsukan,” bebernya.

Dampak dari peretasan ini, penyampaian informasi kepada publik menjadi terganggu. Selain itu, ada sebagian data-data informasi penting yang terhapus seperti Putusan-Putusan DKPP. “Meskipun ada backup data yang bisa dengan cepat kami  restore,” kata dia.

Untuk itu dia berharap kepada masyarakat pengguna teknologi informasi   untuk menggunakan keilmuannya terhadap hal-hal yang positif dan menjaga etika berinternet. (teten/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 9,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Panitia Muktamar NU Ke-33 Luncurkan Situs Resminya