Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Renovasi Rumah 2 Kamar Tidur

Renovasi Rumah 2 Kamar Tidur

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

Assalaamu’alaikum wrwb

Saya memiliki rumah standar dengan 2 kamar tidur. Foto saya kirimkan saat masih proses pembangunan.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Saya ingin memiliki ruang khusus untuk parkir motor. Lalu ruang cuci jemur plus wc cuci, ruang tidur utama plus wc di dalamnya, dapur, ruang pembantu dan lantai mezanin di bawah atap untuk area santai.

Sebenarnya saya ingin memiliki 3 kamar tidur anak. Tapi saya tidak ingin merubah atap lama yang ada di depan. Hingga tetap hemat. Bagaimana cara nya agar saya bisa tetap membangun tapi hemat biaya ?

Terima kasih atas arahan disain Pak Andan di dakwatuna.com

Wassalaamu’alaikum wrwb

Wicaksono

Pak Wicaksono yang saya hormati, alhamdulillah anda sudah memiliki rumah. Masih banyak saudara – saudara kita yang belum memilikinya. Apalagi sekarang ada rencana untuk merenovasi. Semoga rejeki yang ada berkah dan bermanfaat.

Setelah saya pelajari denah aslinya, maka saya memiliki peluang untuk membuat parkir motor di sisi samping. Ruang samping ini juga akan saya jadikan akses service area. Ruang untuk rak sepatu, sepeda anak – anak, bahkan rak untuk perkakas bisa diletakkan di area ini.

denah awal
denah asli dari pengembang

 

Denah lama sama sekali tidak saya bongkar. Agar hemat biaya. Saya hanya menambahkan satu kamar tidur utama di belakang. Dapur dan ruang makan saya satukan. Berikut juga dengan ruang keluarga. Hingga area ini menjadi lapang dan lega.

Taman masih saya sisakan agar tetap dapat cahaya dan hawa segar tetap megalir. Untuk ruang tamu yang menerus dengan ruang keluarga saya pisahkan saja dengan partisi. Hingga bisa dipindah saat acara ada acara keluarga besar.

denah pengembangan lantai 1
denah pengembangan lantai dasar

Mezanine saya coba manfaatkan melalui sisa ruang atap yang cukup besar. Aksesnya melalui tangga yang ada di ruang keluarga. Hingga ruang bawah tangga bisa saya manfaatkan untuk  perpustakaan dengan lantai parket kayu.

potongan
perspektif interior

Tangga menjadi multifungsi. Karena ia juga merupakan tangga untuk menuju service area. Melalui bordes pemisah di tengah, tangga menjadi pemersatu lantai mezanine dan ruang cuci lantai 2. Pola ini membuat hemat biaya pelaksanaan dan ruang juga menjadi optimal.

potongan samping
potongan samping

Ruang mezanine sebenarnya panas. Karena ia berada di bawah atap yang seharusnya menjadi ruang penghambat panas. Untuk itu asya buat jendela pada sisi dinding sopi – sopi yang berbatasan dengan ruang parkir motor. Jadi akses hawa tetap masuk melalui tanah kita sendiri.

kamar tidur anak
kamar tidur anak

Untuk mengantisipasi keterbatasan lahan, maka kamar tidur anak yang ada di depan saya buat juga lantai mezanine. Hingga kita memiliki tambahan ruang untuk tempat tidur di atas. Sebenarnya kamar tidur anak yang di tengah juga bisa dibuat demikian, tinggal tergantung biayanya saja.

Lantai 2 bagian belakang terdiri dari raung cuci jemur, ruang pelayan dan wc cuci. Sudah cukup untuk menjadikan area service ini nyaman dan bersih. Kompak dan lega. Mesin cuci, rak jemuran, bahkan meja setrika juga dapat masuk. Pembantu betah dan rumah pun bersih.

lantai dua
lantai dua

Setelah banyak berbicara sisi dalam rumah, kini saya tampilkan bagian mukanya. Atap sebelah kiri sebenarnya saya naikkan. Untuk meletakkan mezanine di atas kamar anak. Hingga ruangan nya menjadi lega dan cukup untuk berdiri.

Namun jika biaya terasa berat maka atap ini tidak perlu dinaikkan. Hingga tidak perlu membongkar atap lama. Tentu saja jika pilihannya tidak membongkar , itu berarti lantai mezanine di kamar anak juga tidak bisa dikerjakan.

tampak muka
tampak muka

Gambar terakhir adalah pandangan samping rumah. Sisi ini menunjukkan kolom oranye depan tampil kuat dan menarik. Bersama ruang parkir motor yang ditutup teralis besi, serta pet beton sederhana, benar – benar menjadikan rumah ini tampil dengan gaya minimalis.

tampak samping
tampak samping

Alhamdulillah, selesai sudah disain kita kali ini. Semoga rumah Pak Wicaksono bisa segera selesai. Semoga netters sekalian dapat mengambil manfaat dari disain ini. Manfaat yang paling utama adalah pemahaman disain. Bahwa penting nya rumah memiliki disain yang akurat adalah hal yang utama.

Dengan kelengkapan data ini biaya di lapangan menjadi hemat. Hingga biaya disain menjadi tidak seberapa dibandingkan hasilnya. Apalagi berangkat dari kami tim dakwah on line yang berjuang sesuai dengan kemampuan kami. Berjuang secara swadaya untuk senantiasa dapat up date menyapa netters sekalian. Hingga ada nilai perjuangan dan infak disini.

Akhirul kalam, Wallahu a’alam

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST

kirimkan email pertanyaan / order disain / pelaksanaan ke : [email protected]

 

About these ads

Redaktur: Andan Nadriasta, ST

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (9 votes, average: 9,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.
  • Sri Fatimah

    Keren …