Topic
Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Sebaiknya Rumah Kos Itu Seperti Petakan Berjejer Atau Mirip Rumah Tinggal?

Sebaiknya Rumah Kos Itu Seperti Petakan Berjejer Atau Mirip Rumah Tinggal?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

ina ds final view 5dakwatuna.com –

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Andan di dakwatuna, saya memiliki tanah kosong di Ciledug. Saya ingin buat rumah kos untuk mahasiswa. Karena banyak mahasiswa cari kamar kos di daerah sana.

Sebaiknya buat rumah kos seperti petakan berjejer atau mirip rumah tinggal ? Saya ingin dapat jumlah yang banyak. Namun saya ingin juga nyaman. Karena jika ada keluarga kami berkumpul di sana sewaktu – waktu, tidak mengganggu anak kos.

Jalan di depan kos hanya masuk satu mobil satu arah. Jadi agak sulit untuk manuver kendaraan. Bagaimana solusi nya terhadap hal ini ? Jika ada waktu silakan Pak Andan melihat langsung ke lokasi tanah kami.

Demikian pertanyaan kami, terima kasih atas tanggapannya.

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.

Ina – Ciledug

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Bu Ina dan netters dakwatuna sekalian, pertanyaan ini sering kali masuk ke saya. Namun karena keterbatasan waktu saya membuat desain dan melihat langsung ke lapangan maka tidak banyak desain sejenis yang bisa saya kerjakan. Selain itu juga, sering kali data yang masuk tidak memiliki informasi yang komunikatif secara teknis.

Netters sekalian, jika saya di hadapkan pada 2 pilihan ini, maka saya lebih memilih membuat rumah kos dengan model seperti rumah tinggal. Karena tentu akan terasa lebih nyaman dan indah. Kenyamanan inilah yang membuat penghuni kos betah.

Memang model petakan berjejer biasanya bisa lebih banyak jumlah kamar yang didapat. Namun model petakan ini sering kali membuat desain kurang elegant. Jadi jika pun saya harus memilih model desain ini, maka harus kerja keras agar desain final muka nya menjadi tetap cantik.

Sebenarnya secara teori kedua konsep ini akan menghasilkan jumlah ruang yang hampir sama. Untuk itu pemilihan nya lebih ke arah selera saja. Nah, dalam hal ini saya lebih berselera membuat gaya rumah kos ala rumah tinggal. Selain itu jika sewaktu – waktu rumah kos tersebut ingin diubah menjadi rumah tinggal, atau dijual sebagai rumah tinggal, maka renovasi nya akan menjadi sangat mudah.

Baiklah, kini kita coba bahas desain detail Bu Ina secara teknis. Sisi kiri bangunan saya jadikan carport yang panjang. Karena ada kebutuhan kumpul keluarga. Hingga area ini saya jadikan tempat untuk parkir mobil keluarga. Lalu sisi kanan saya bagi rata kamar kos dengan masing – masing area memiliki taman di lantai 1 dan void di lantai 2.

Void dan taman berguna untuk meletakkan kompresor ac jika kamar kos menggunakan ac. Bisa juga sebagai area jemur kecil dan juga sebagai akses hawa bagi masing – masing kamar.

Selasar yang lebar di antara tiap kamar membuat suasana dalam rumah nyaman. Tidak seram karena menghasilkan lorong yang lega. Selain itu lorong yang lapang bisa di gunakan untuk meletakkan rak sepatu dan bak sampah.

Tiap kamar kos memiliki kamar mandi,  karena kebutuhan konsumen hari ini akan adanya wc di dalam sudah mutlak. Selain itu dengan adanya wc maka aktivitas cucian yang tidak besar biasanya di lakukan di wc dalam kamar ini.

Untuk itu saya tetap siapkan juga ruang cuci jemur yang besar di atas carport sisi kiri. Hingga jika ada cucian seprei atau mungkin owner ingin buka usaha laundry, fasilitas ruang nya sudah di siapkan.

Untuk tampilan muka saya jadikan satu atap dengan pola atap limas yang berbentuk huruf L. Pola ini akan menutupi semua area kamar. Dengan model dak talang beton di sisi kiri kanan lahan, maka kita dapat membuat void yang saling berhubungan dengan ruang atas dan bawah.

Alhammdulillah, selesai sudah desain kita kali ini. Dengan warna cerah dan balkon minimalis yang gagah, rumah kos ini tampil seperti rumah tinggal minimalis yang sedang trend saat ini. Siap menarik perhatian penghuni kos baru. Karena hunian ini segar dan nyaman.

Selesai sudah desain kita. Semoga Bu Ina semakin di lapangkan rezki nya. Hingga rumah kos ala rumah tinggal ini dapat segera terwujud desain nya.

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Andan Nadriasta , ST

Kirimkan email pertanyaan / order desain / pelaksanaan ke : [email protected]

ina ds final denah lt. 1INA - KOS CILEDUG - lantai 2ina ds final view 1ina ds final view 2ina ds final view 3ina ds final view 4ina ds final view 5ina ds final view 6

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization