Topic
Home / Berita / Daerah / Aksi Kemanusiaan PKPU Di Filipina Terus Berlanjut

Aksi Kemanusiaan PKPU Di Filipina Terus Berlanjut

Eko www.spiritpaintball.netdakwatuna.c0m – Jakarta.   Sampai hari ini, Selasa, 26 November 2013, Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU telah melakukan berbagai aksi kemanusiaan untuk para korban topan Yolanda/Haiyan Filipina.  

PKPU yang diperkuat 8 orang relawan, yakni: M. Kaimuddin, dr. Martanto, Subur Rohjinawi, Eko Sulistyo, M.Jawad, dr. M. Syahriza, Perawat Rahmad dan Deni Kurniawan.

Aksi tidak terbatas di kota Ormoc saja di Leyte, tetapi juga di Cananga dan Tacloban.  Beberapa aksi yang telah dilaksanakan antara lain: Evakuasi korban luka, pengungsi dan jenazah, telah diselesaikan.

Aksi kemanusiaan lagi yang paling banyak penerima manfaatnya yaitu: Dapur umum.  Tak semata dapur air saja, yang menyediakan sarapan dan minuman seperti kopi, teh, dan susu, juga menyediakan makanan dan susu bayi serta kebutuhan ibu dan lansia.  Dapur umum menyediakan makanan untuk dimakan setiap harinya.  Dapur umum ini sekaligus dijadikan posko koordinasi PKPU dengan berbagai pihak yang bekerjasama.

Selain dapur umum, PKPU juga membantu 700 keluarga di Ormoc, Cananga, dan Tacloban dengan distribusi paket makanannya

Tak hanya itu, PKPU juga menyediakan generator set untuk sumber penerangan kota Ormoc yang sebagian besar menjelma menjadi kota bencana.  Penerangan menjadi salah satu kebutuhan pokok di Kota Ormoc.

Dua orang dokter dan perawat serta relawan lainnya juga telah melayani lebih dari 780 pasien untuk mengobati luka dan berbagai keluhan lainnya.  Pasien yang dilayani per 23 November mencapai 1500 orang.

Tak kalah pentingnya, PKPU memperhatikan kebutuhan lainnya berupa memberikan bantuan Shelter kits berupa pembagian terpal untuk 800 rumah, juga didistribusikan untuk 1250 keluarga hygienen kits berupa sabun mandi, sabun cuci, sikat gigi, dan pasta gigi.

Selain itu, PKPU sudah melakukan assessment untuk pendirian rumah senyum untuk 50 keluarga.  Rumah senyum adalah rumah sederhana yang dibangun untuk keluarga yang sangat membutuhkan

Semua aksi ini akan di laksanakan di Kota Ormoc dan sepanjang jalur yang menuju Kota Tacloban. Saat ini Tim kedua yang dikirim PKPU sudah berada di Cebu dan mulai memaksakan aktivitas respon untuk persiapan program-program berikutnya

Sedangkan berlokasi  di Barangay Tambulilid Kota Ormoc, dilakukan pembagian sebanyak 400 paket bantuan kebutuhan untuk 400 keluarga.  Pelayanan pasien di titik ini mencapai 280 orang.  PKPU masih akan aktif melanjutkan aksi-aksi kemanusiaan.    Untuk 10 juta orang yang terdampak akibat topan Yolanda/Haiyan di Philifina ini, masih banyak aksi-aksi kemanusiaan lain diperlukan. (er/pkpu/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Presiden Duterte Berencana Ubah Nama Filipina Jadi Maharlika

Figure
Organization