Home / Berita / Nasional / Ketua PBNU: Asyura Acara Islam, tapi Syiah Terlalu Berlebihan

Ketua PBNU: Asyura Acara Islam, tapi Syiah Terlalu Berlebihan

Ketua Umum PBNU, Said Agil Siroj. (inet)
Ketua Umum PBNU, Said Agil Siroj. (inet)

dakwatuna.com – Tulungagung.  Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siraj, menyerukan kepada semua umat Muslim di Indonesia, khususnya kaum Nahdliyin, menghormati ritual Asyura yang biasa diperingati kaum Syiah setiap pada 10 Muharam.

Tapi, ia mengecam cara-cara kaum Syiah yang menyakiti diri sendiri pada ritual Asyura. Pernyataan itu disampaikan Kiai Said Aqil usai mengisi dakwah keislaman di kantor PCNU Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (14/11).

“Adapun acara Asyura itu adalah acara Islam, hanya cara yang dilakukan Syiah itu kadang berlebihan. Kita yang bukan Syiah pun sebenarnya (juga) harus ikut memperingati 10 Asyura. Harus,” tutur Said Aqil.

Pernyataan Said Aqil tersebut secara khusus menyoroti ketegangan yang mencuat bersamaan dengan kegiatan peringatan Asyura yang diikuti sekitar 7.000 umat Syiah se-Indonesia di Jakarta, Kamis (14/11). (rol/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (12 votes, average: 4,17 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
  • BramSonata

    Biarkan kaum syiah melakukan apa yg sesuai dengan ajaran mereka. Bagi pandangan saya yg muallaf, Kaum Syiah yg Islam, jauh lebih MULIA dan bernilai apabila dibandingkan dengan manusia-manusia (orang-orang) yg NAJIS ROHANINYA maupun badannya, yakni manusia/orang yg menyembah berhala/ tuhan-tuhan (t kecil) yg sebenarnya Iblis/syetan.
    Terlebih umat yg mengaku Islam , tetapi masih melekat pada dirinya kemusrikan/kesirikan
    yg akut yg diakibatkan pengaruh nenek moyangnya.
    Bumi semakin GERAH dan SUMPEK dihuni saat sekarang hingga terus berlanjut hingga berakirnya aktifitas alam semesta ini, kecuali umat Islam yg mendapat pertolongan Tuhan, namun JUMLAHNYA sedikit sekali.

    • abu wildan

      yang anda utarakan semua ada pd agama syiah.

      • BramSonata

        Sama sekali tidak ada agama yg namanya agama syiah. yg benar kaum Syiah agamanya Islam. Umat Islam sampai detik hari ini, terkondisi dalam keadaan tercerai berai. masing-masing berkelompok kelompok dengan beraneka atributnya. Contohnya: Kelompok Suni, kelompok syiah, kelompok mu’tazilah,dan ribuan kelompok lainnya, yg membuat ” PUSING KEPALA-nya” para malaikat yg menjaga manusia.
        Sudah jelas ada AL QURAN dan Contoh-contoh(sunnah Rasulallah SAW), mengapa umat Islam masih kebingungan? jawabannya panjang sekali. Umat Islam yg berpegang secara teguh wasiat Rasulallah SAW, jumlahnya hanya dalam hitungan jari.

        • Rudyno Nasrial

          Yg bingung itu orang syiah,mereka itu mengenal islam tidak lepas dari kontribusi orang2 yg mereka caci,kritik,cela tsb. Siapa yg dicela? Sahabat nabi. Kalau syiah ngaku berpegang pada quran dan hadits maka seharusnya tidak mencela sahabat2 yg justru mendoakan para keluarga nabi pada tasyahud akhir. Kalau syiah ngaku ikut imam ali ra yg ikut berkontribusi dalam 3 pemerintahan khalifah rasyidah,maka mereka harusnya menghormati dan menjunjung tinggi khalifah2 tsb. Ada pula yg masi mengungkit2 perseteruan ali ra dan muawiyah ra,opo iki,apa mereka lupa pada akhirnya mereka berdua bertahkim berdamai,yg perdamaian mereka berdua malah menyebabkan munculnya khawarij yg mengkafirkan mereka berdua? Apa syiah lupa,hasan ra demi perdamaian muslimin menyerahkan kepemimpinan umat islam pada muawiyah,dan pada masa muawiyah pun hasan husein ra tetap berkontribusi pada pemerintahan islam dibawah muawiyah? Apa syiah masi mau ngungkit2 lagi husein ra yg dibunuh ubaidillah bin ziyad laknatullah dan dikhianati justru oleh orang syiah kufah yg ngakunya pendukung husein ra eh malah kabur ketika husein diserang ubaidillah bin ziyad. Yazid pun meski tidak memerintahkan ibnu ziyad membunuh husein ra,tapi para ulama ahlus sunnah waljamaah sudah menghukuminya yazid fasik,dan yazid pun pada akhirnya menyesal dan mati juga,begitu pula ibnu ziyad pada akhirnya menemui ajalnya dg mengenaskan dialah aktor pembunuh husein yg bertindak sendiri,meski yazid ikut bertanggungjawab scr tidak langsung. Namun demikian,ulama ga sampai mengkafirkan yazid hanya fasik,apalagi sampai ngerembet sahabt2 terdahulu,naudzubillah. Sudah menjadi takdir Allah,imam husein ra mati syahid di tangan ibnu ziyad dkk,tak perlu kaum syiah menangisinya berlebihan,atau kaum syiah menyesali perbuatan mereka yg dulu malah meninggalkan husein ra,giliran uda dibunuh baru meraung2. Anda ingin tahu kisahnya lebih detil bacalah bukan hasan husein untold stories yg justru ditulis oleh keturunan ahlulbait beneran,syekh hasan alhusainiyah keturunan husein ra yg berlepas diri dari kaum syiah. Nah jadi syiah itu ikut siapa?

          • BramSonata

            Saya senang berdikusi tentang Islam dengan landasan sejarah, dan saya lebih condong menggunakan metode : apa sebab(nya) dan apa yg melatarbelakangi suatu peristiwa penting dalam perjalanan Islam yg amat kita cintai ini. Sebab, masuk saya ke Islam, lantaran awalnya saya banyak / selalu mendalami buku/leteratur tentang Islam secara menyeluruh, maksudnya semua buku yg membahas tentang Islam dan umatnya.
            Secara singkat saya dapat menyimpulkan, bahwa munculnya firqah-firqah dalam tubuh Islam, disebabkan oleh EGO naafsunya/kedengkian/ketamakan / fanatisma ,

            yg hampir semuanya dilandasi oleh wawasan pemikirannya yg amat sempit, walau ilmunya segudang.
            Dan pada ujung kesimpulan, saya men-vonis : IBLIS dan bala tentaranya yg menyesatkan dan menjerumuskan manusia ke lembah

            kebodohan/ketololan dan kehinaan, hanya manusianya sendiri tidak sadar.
            terima ksih untuk anda, atas tambahan informasi tentang kazanah Islam.

    • abu wildan

      yang anda utarakan semua ada pd agama syiah.

    • mas trie

      mu’alaf palsu.

    • mas trie

      mu’alaf palsu.

  • Rossie Surya Amidharma

    Umat islamharus memperingati? Apa dasar dan tuntunannya?

  • Rossie Surya Amidharma

    Umat islamharus memperingati? Apa dasar dan tuntunannya?

  • wan izr

    Hari Asyura adalah baik sekali kita menyambutnya sebagai muslim yang beriman kpd Allah

Lihat Juga

(Video) Ini Penampakan Rudal Syiah Houthi Yang Ditembakkan Ke Makkah Dan Berhasil Digagalkan