Home / Berita / Internasional / Amerika / Tidak Ada Dana, Gedung Putih AS Perintahkan Pemerintah Amerika Ditutup

Tidak Ada Dana, Gedung Putih AS Perintahkan Pemerintah Amerika Ditutup

Presiden Amerika Serikat, Barack Obama. (inet)
Presiden Amerika Serikat, Barack Obama. (inet)

dakwatuna.com – Washington. Direktur anggaran Gedung Putih pada Senin malam memerintahkan badan federal mulai tutup sesudah Kongres gagal meloloskan anggaran untuk mencegah pemerintah tutup.

“Lembaga pusat sekarang harus melaksanakan rencana tutup karena tidak ada dana,” kata Direktur Bagian Manajemen dan Anggaran Gedung Putih, Sylvia Mathews Burwell, dalam perintahnya, lapor AFP.

Perintah itu dikeluarkan 10 menit sebelum pemerintah Amerika Serikat secara resmi kekurangan uang setelah sehari kemarahan berbahaya antara Dewan Perwakilan Rakyat, yang dikuasai partai Republiken, dengan Senat, tempat Demokrat adalah bagian besar. Republiken menginginkan Presiden Obama menunda kegiatan jaminan kesehatan.

Burwell mendesak Kongres meloloskan anggaran kegiatan sementara sesegera mungkin untuk memungkinkan lembaga pemerintah buka kembali.

“Kami mendesak Kongres bertindak cepat meloloskan Resolusi Lanjutan untuk jembatan jangka pendek, yang memastikan waktu cukup untuk meluluskan anggaran bagi sisa tahun anggaran dan mengembalikan kegiatan penting layanan umum dan yang terpengaruh kekurangan uang,” katanya.

Pemerintah Amerika Serikat memerintahkan semua kantor pemerintah berhenti bergiat setelah Kongres tidak menyetujui anggaran baru hingga batas waktu ditentukan.

Perintah penutupan layanan kantor pemerintah diumumkan 10 menit sebelum pemerintah Amerika Serikat dinyatakan kehabisan uang setelah Kongres tidak menyetujui anggaran baru.

Kas pemerintah Amerika Serikat pun menipis setelah tak dibolehkan menaikkan dan menambah batas utang untuk menjalankan sejumlah kegiatan baru pemerintahan Presiden Barack Obama.

Barack Obama menyatakan “sama sekali tidak akan mundur” untuk penutupan pemerintahan saat batas waktu tengah malam kian dekat untuk menyepakati rancangan undang-undang keberlanjutan pendanaan pemerintah pusat.

“Saya sama sekali tidak akan mundur,” kata Obama, yang juga menyatakan akan berbicara dengan pemimpin Kongres tentang kebuntuan pembicaraan anggaran tersebut.

Bila kebuntuan tersebut terus berlangsung, 700 ribu pegawai pemerintah Amerika Serikat diperkirakan dirumahkan.

Pengulas mengkhawatirkan kebuntuan tersebut juga berdampak pada pemulihan perekonomian Amerika Serikat dan berpengaruh terhadap harga minyak dunia.

Amerika Serikat adalah negara pemakai terbesar minyak di dunia dan kesehatan ekonominya berpengaruh besar pada harga minyak mentah. (Boyke Soekapdjo/B Kunto Wibisono/ANt)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Guest

    wah….negara adikuasa,…super power,..polisi du

  • Rn Rosyafrianto

    wah…!!! …negara adi kuasa,…super power…polisi dunia…. kehabisan duit..?..sdh nggak punya dana ..? ..bangkrut …?…nah lho…makanya jgn suka ngacak2 dunia mlulu…hampir rata negara2 Timur Tengah di acak….di adu domba,..dipolitisir…diintervensi….lalu ambil keuntungan dari konflik yg terjadi…jual senjata rudal,..jet tempur,…embargo…sdh kolep…dikuras minyaknya…

  • rumput ilalang

    Alhamdulilah

  • Laskar Cinta

    Hmmmm,,,,, abis nie negara timur tengah mana lagi yang bakal dirampok!!

  • wiwik widayati

    jd inget temen dr US yg dia sendiri tdk menyukai negaranya kmudian migrasi ke nz. yah ironi memang. rasanya klo scr logika, klo diri sendiri belum beres. masih banyak utang, rakyat msh byk yg mderita. bukannya mestinya uangnya dipake buat memakmurkan dalam negeri tp knapa ngurus negeri orang ya…??? tp ya gitulah klo kadung sombong jdnya gengsi

  • Rahmat

    itu namanya KUALAT sama orng ISLAM yg mereka bantai…..

  • ahmad

    itu teguran dari Allah

  • ACHMAD

    BESOK GULUNG TIKAR TUH AMERIKA…

  • Achmad Nur Ajiza

    Wah, bisa2 ada agresi lagi nih, semoga saja ga ada..

  • Sultan Raja Bungsu

    akal.akalan yahudi amerika untuk menguasai kristen amerika, hemmmmmmm

  • Ayudi Hawawi

    hahha…bangkrut luh banyak ngurusin negara orang dengan dalih menolong…padahal ngejajah….as penjahat perang,

  • nair

    Kasihan nih sebentar lagi bangkrut…….ayo patungan tuh yang suka mengagung-agungkan amerika..

  • bams eka

    negara penjajah, rakus, licik, emang kalian pantas dapetN itu, bahkan y jauh lbh buruk dari itu, cm soal waktu sampe ALLAH SWT mNimpakan azab krn kBejatan kalian

  • Menada RahmadMU

    Alhamdulillah

  • taufik hidayat

    Hukum alam telah terjadi

Lihat Juga

Kemenangan Trump dan Pengaruhnya Terhadap Mesir