Home / Berita / Nasional / SEBI Jalin Kerjasama Beasiswa Strategis dengan Dompet Dhuafa

SEBI Jalin Kerjasama Beasiswa Strategis dengan Dompet Dhuafa

1dakwatuna.con – Indonesia adalah negeri yang sangat makmur. Namun permasalahan-permasalahan ekonomi yang ada juga masih sangat banyak, dimulai dari : Kemiskinan, Pengangguran, ketidakoptimalan penggunaan sumber daya alam, belum optimalnya pengembangan sektor pedesaan, pengembangan sector riil dan kewirausahaan yang masih minim, dan lain-lain. Permasalahan-permasalahan tersebut tentu saja membutuhkan keseriusan para pemuda untuk berperan didalamnya. Generasi muda, khususnya mahasiswa,  saat ini perlu disadarkan tentang peran masa depannya.

Sebagai upaya untuk mengurai masalah tersebut dan “belajar merawat Indonesia”, STEI bekerjasama dengan Dompet Dhuafa dalam Program Beasiswa SDM Ekonomi Syariah Pelopor Pembangunan Daerah (SDM EKSPAD). Program ini bertujuan untuk menghadirkan generasi muda yang mampu menjadi agent of change, memberdayakan masyarakat, dan memimpin bangsa Indonesia menuju lebih baik. Peluncuran Program Kerjasama ini, dilaksanakan di Kampus STEI SEBI pada hari Rabu, 4 September 2013.

Sigit Pramono, Ketua STEI SEBI, menjelaskan bahwa beasiswa ini merupakan bentuk respon SEBI sebagai lembaga pendidikan untuk menyiapkan Indonesia menjadi lebih baik. “Kami ingin berperan aktif membangun generasi muda yang tangguh di masa depan, yaitu generasi muda yang dapat mencerahkan bangsanya. Oleh karena itu kami kembangkan beasiswa-beasiswa strategis untuk para pelajar terbaik di Indonesia yang kami kerjasamakan dengan beberapa lembaga. Dompet Dhuafa adalah mitra strategis kami menyiapkan generasi itu”, jelasnya.  

Beliau juga menegaskan bahwa dengan cita-cita yang tinggi maka tidak ada halangan untuk dapat kuliah . “Tidak ada halangan lagi, bagi mereka yang bersungguh-sungguh dan memiliki azzam yang tinggi, kuliah pasti bisa. Beasiswa Dompet Dhuafa ini adalah salah satu jalan dari Allah bagi mereka yang bersungguh-sungguh”, tegasnya.

Senada dengan Sigit, Budiyanto-Manajer Beastudi Indonesia Dompet Dhuafa menyatakan “ Alhamdulillah kami bertemu dengan SEBI atas dasar satu visi, menyiapkan “negarawan-negarawan muda” Indonesia. Merekalah penentu nasib Indonesia di masa depan. InsyaAllah dengan kerjasama sinergis ini, maka amanah menyiapkan generasi ini akan semakin terealisasi kongkrit”.

Dompet Dhuafa sendiri telah menyelenggarakan program strategis ini selama dua dekade. “ Telah 20 tahun kami melakukan upaya mendidik generasi muda ini. Bekerjasama dengan kampus-kampus terbaik di Indonesia dan Alhamdulillah telah melahirkan 600 lebih sarjana yang akan mewarnai Indonesia. Baru saja kami mengumpulkan para alumni beasiswa di Kongres Negarawan Muda Indonesia”, ujar Budi.

Kerjasama Beasiswa SDM EKSPAD SEBI dengan Dompet Dhuafa ini adalah angkatan ke-2, setelah tahun lalu bekerjasama pula dalam program serupa. Diantara, keunikan dan kekhasan dari beasiswa ini adalah : (1). Penerimanya adalah mahasiswa tingkat akhir (semester 6) yang memiliki kualifikasi aktif di organisasi dan memiliki prestasi akademik yang baik, (2). Pembinaan yang khas, bersumber dari nilai-nilai kepeloporan dan Community Development, (3). Setelah lulus para penerima beasiswa akan mengabdi dan berkontribusi mengembangkan Sekolah Desa Produktif (SDP) Dompet Dhuafa di berbagai daerah di Indonesia. Alumni penerima beasiswa angkatan sebelumnya, kini mengabdi di SDP Bandung, Bogor, dan Depok.

Para penerima beasiswa mensyukuri atas beasiswa yang didapat. Program pembinaan dari beasiswa ini akan membuat mereka menyiapkan diri lebih baik untuk berkontribusi di masyarakat. “Alhamdulillah, kami sangat bersyukur atas beasiswa ini. Semoga kami dapat menjalani amanah ini dengan baik, sehingga visi dari beasiswa ini bisa diraih dan kami semua dapat berkontribusi nyata membawa Indonesia lebih baik ke depan” ujar Jejen Jaenudin, penerima beasiswa dari daerah Cilegon.

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 8,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Sambut Ramadhan, Aplikasi Learn Quran Buat Fitur Beasiswa