Home / Berita / Internasional / Asia / Majlis Tinggi Syura Mesir Tolak Kudeta Militer

Majlis Tinggi Syura Mesir Tolak Kudeta Militer

dewan syura mesirdakwatuna.com – Kairo. Majelis tinggi Syura Mesir dengan suara mayoritas sepakat untuk tidak mempercayai Abdul Fatah As-Sisi, ketua  angkatan bersenjata Mesir yang baru saja melakukan kudeta sepihak terhadap kepemimpinan presiden sah terpilih Muhammad Mursi. As-Sisi dianggap banyak pihak melakukan pengkhianatan besar terhadap negara.

Pertemuan tertutup Dewan itu menghasilkan kesimpulan Majelis Syura menolak kudeta sepihak yang dilakukan Abdul Fatah As-Sisi.

“Dari 271 Anggota Majelis Syuro Mesir, terdapat 211 Anggota yang setuju bahwa As-Sisi berkhianat, 27 anggota menolak, dan 33 anggota bersikap netral,“ kata Dany.

Kamis sore (4/7) waktu Kairo, puluhan ribu rakyat turun ke jalan di depan gedung Gubernur Bani Suef sebagai bentuk penolakan terhadap campur tangan militer.

Dukungan terhadap kepemimpinan Mursi terus mengalir, termasuk dari Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan yang mangatakan Turki tidak mengakui pemerintahan sementara oleh militer dan hanya mengakui pemerintah sah Mursi.

Sejak pengumuman sepihak As-Sisi, militer melarang beberapa stasiun TV nasional untuk melakukan siaran secara langsung dari tempat kejadian. Bahkan Televisi Al-Jazeera yang sedang menyiarkan demonstrasi pendukung Mursi dihentikan paksa oleh pihak militer Mesir.

Sementara itu, para pendukung Mursi yang mendominasi rakyat Mesir meneriaki dan memprotes pengumuman As-Sisi tersebut, mereka tidak setuju dengan kudeta sepihak dari militer.

Sebelumnya, menanggapi kudeta sepihak, Presiden Mesir Muhammad Mursi memberikan reaksi keras melalui video amatir yang diunggah di YouTube pada Kamis (4/7) bahwa dirinya tetap presiden terpilih Mesir.

Mursi menyampaikan reaksinya tersebut karena pihak militer menutup seluruh saluran televisi nasional Mesir. “Saya tetap presiden terpilih Mesir,” ujar Mursi dalam video tersebut. (nh/mina)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (21 votes, average: 9,76 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Erdogan serukan rakyat turun ke jalan (islammemo.cc)

Upaya Kudeta di Turki, Erdogan Serukan Rakyat Turun ke Jalan

Organization