Home / Berita / Nasional / Waspada, Filter Rokok Diduga Mengandung Darah Babi

Waspada, Filter Rokok Diduga Mengandung Darah Babi

filter rokokdakwatuna.com – Banjarmasin. Bahaya rokok ternyata bukan hanya terletak pada zat nikotin yang terkandung didalamnya. Ternyata filter yang digunakan di kebanyakan pabrik rokok di Indonesia diduga mengandung bahan yang berasal dari darah babi.

Ketua Komisi Nasional Pengendalian Tembakau (Komnas PT), DR Hakim Sarimuda Pohan mengemukakan hal tersebut saat menjadi pembicara dalam dialog bahaya merokok bagi kehidupan berbangsa di balaikota Banjarmasin, Rabu kemarin.

Menurut Hakim, hemoglobin atau protein darah babi yang digunakan sebagai filter rokok dimaksudkan untuk memblok racun kimia sebelum masuk ke dalam paru-paru perokok.

Ia meyakini, filter yang digunakan untuk rokok  di Indonesia tersebut mengandung darah babi.

“Filter rokok belum ada diproduksi di Indonesia, semuanya impor, sementara filter impor menggunakan darah babi,”kata Hakim

Lebih lanjut Hakim menyampaikan, semua itu diketahui setelah adanya pernyataan yang diungkapkan seorang Profesor Kesehatan Masyarakat dari University of Sydney, Simon Chapman.

Peneliti dari Eindhoven, Belanda, Christien Meindertsma juga  mengungkap, 185 produsen rokok di negara itu menggunakan hemoglobin babi sebagai bahan pembuat filter rokok.

Hakim pun menganjurkan, sudah selayaknya mayoritas penduduk Indonesia yang beragama Islam  menjauhi barang yang nyata-nyata dilarang agama tersebut. (sbb/tjk/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (26 votes, average: 9,12 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Jum’atil Fajar

    Hal ini harus diperjelas oleh yang berwenang. Mengingat pada tahun 2010 ketika buku tentang berbagai barang yang mengandung bahan dari babi, saat itu pabrik rokok membantah bahwa dalam rokok yang ada di Indonesia mengandung unsur babi. Lembaga yang bisa adalah Lembaga Sertifikasi Halal MUI.

    • Wila Salam

      hahaha….hal seperti ini mungkin seperti buah simalakama bagi para anggota dewan MUI…kenapa??? karena beberapa dari mereka adalah perokok!!!

      • Betty Setiawan

        anda benar wila

Lihat Juga

Gundukan sampah berjejer di tepian Taman Kota Waduk Pluit, di Penjaringan, Jakarta Utara. Senin (13/10/2014) (Kompas)

Negara Kita Negeri Sampah?