Home / Berita / Internasional / Asia / Krisis Suriah Tanggung Jawab Seluruh Umat Islam

Krisis Suriah Tanggung Jawab Seluruh Umat Islam

Ketua Ikatan Ulama Muslim Sedunia, Syekh Amin al-Haj hafidzahullah
Ketua Ikatan Ulama Muslim Sedunia, Syekh Amin al-Haj hafidzahullah

dakwatuna.com – Kairo.   etua Ikatan Ulama Muslim Sedunia, Syekh Amin al-Haj hafidzahullah menyampaikan bahwa krisis Suriah merupakan tanggung jawab seluruh umat Islam, bukan tanggung jawab umat Islam di Suriah saja. Hal ini disampaikan oleh Syekh al-Haj dalam sambutannya pada muktamar ulama dunia yang diselenggarakan di Kairo, Kamis (13/6/2013). Oleh karena itu beliau memfatwakan bahwa jihad Ke Suriah hukumnya wajib bagi setiap Muslim. Beliau juga menyerukan/mengajak untuk memberangkatkan kafilah jihad ke Suriah

Syekh Amin juga mengajak para penguasa untuk mendukung para Mujahidin.

”Kami nasihatkan kepada para penguasa agar mereka bertaqwa kepada Allah serta menunaikan tugas dan tanggung jawab mereka. Hendaknya mereka memberikan bantuan kepada para Mujahidin berupa senjata dan tidak melarang siapa pun yang ingin berjihad membela kaum Muslimin”, ujarnya.

Sementara kepada para Mujahidin beliau mewasiatkan agar mereka meluruskan niat dalam berjihad. “Berjihadlah untuk meninggikan kalimat Allah, berperanglah demi meninggikan agama Allah”, tegasnya.

Statement Syekh al-Haj turut diamini oleh Syekh. Dr. Yusuf al-Qaradhawi yang turut menyampaikan sambutan dalam muktamar tersebut. “Perang yang terjadi di Suriah adalah perang terhadap Islam. Oleh karena itu jihad di sana hukumnya wajib”, kata Ketua Persatuan Ulama Muslimin Sedunia [al-Ittihad ‘Alami Li ‘Ulama Muslimin] tersebut. Selain itu Syekh al-Qaradhawi juga mengajak para penguasa Arab dan umat Islam untuk menunjukkan solidaritas terhadap ahlus sunnah di Suriah.

Muktamar  yang diadakan untuk membantu Suriah tersebut diprakarsai oleh  beberapa lembaga Islam Internasional seperti al-Ittihad ‘Alami Li ‘Ulama Muslimin, Rabithah Ulama Muslimin, Rabithah Ulama Ahlus sunnah, dan lembaga Islam lainnya. Salah satu keputusan muktamar ini adalah seruan agar segera diberangkatkan kafilah dakwah dan jihad ke Suriah.

Muktamar yang mengambil tema “Sikap dan Peran Ulama Umat terhadap Masalah Suriah” ini dihadiri pula oleh Dr. Muhammad ‘Arifi, Dr.’Imad ‘Abdul Ghafur (staf presiden Mesir), Syekh ‘Abdullah Syakir (ketua Jam’iyyah Ansharussunnah al-Muhammadiyah, Syekh Abdurrahman ‘Abdul Khaliq (pendiri madrasah Salafiyah di Mesir), dan ulama-ulama lain dari berbagai penjuru dunia Islam, termasuk dari Indonesia yang diwakili oleh Ustadz Harman Tajang Lc (Wahdah Islamiyah) dan ustadz Farid Ahmad Oqbah, Lc, MA (MIUMI). (almoslim/sym).

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 6,67 out of 10)
Loading...Loading...
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

(Fajriyah Setiadiningsih)

Diskusi Bulanan STEI SEBI: Evaluasi Penerapan Fatwa dan Regulasi Produk Gadai Emas Syariah