Home / Berita / Internasional / Eropa / Dr. Daud Abdullah: Kunjungan Delegasi Indonesia Dapat Merusak Hubungan Indonesia-Palestina

Dr. Daud Abdullah: Kunjungan Delegasi Indonesia Dapat Merusak Hubungan Indonesia-Palestina

Dr Daud Abdullahdakwatuna.com – Inggris.  Pengamat Timur Tengah di Inggris, Dr. Daud Abdullah mengatakan, kunjungan delegasi Indonesia ke Israel, siapa pun orangnya, sangat mengkhawatirkan karena dapat merusak hubungan Indonesia-Palestina.

Ia mengkritisi kunjungan anggota DPR RI Tantowi Yahya, yang berkunjung ke Israel, atas undangan organisasi pro-Zionis Yahudi Australia.

“Sangat mengkhawatirkan, mengingat Indonesia sendiri merupakan pendukung utama Palestina dan tidak mengakui hubungan diplomatik dengan Israel,” ungkap Abdullah, Direktur Middle East Monitor (MEMO) London, saat dihubungi, Rabu (12/6).

Menurutnya, di Inggris saja, masyarakat muslim dan non-muslim mengadakan aksi massa Global March to Jerusalem (GMJ) pekan lalu, menuntut diakhirinya penjajahan Israel terhadap Palestina.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sejumlah tokoh asal Indonesia melakukan lawatan kontroversial ke Israel. Sedangkan Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Kebijakan itu ditempuh Indonesia lantaran menghormati negara Palestina dan tidak mengakui keberadaan Israel.

Akan tetapi, anggota Komisi I DPR Tantowi Yahya secara diam-diam bertemu dengan anggota Parlemen Israel Knesset di Tel Aviv. Kabar itu terbongkar setelah media setempat, Israelhayom.com memberitakan pertemuan rahasia tersebut dilengkapi dengan foto bersama para delegasi, termasuk Tantowi.

Harian setempat memberitakan, ini mungkin pertama kalinya delegasi negara Asia Tenggara mengunjungi Israel dan bertemu dengan anggota parlemen Israel.

Tantowi mengakui bahwa dia berkunjung ke Israel atas undangan organisasi pro-Zionis Yahudi Australia yang menyediakan akses perjalanan ke kawasan tersebut. (wk/mina)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 9,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Erdogan: Menjaga Al-Aqsha Bukan Tanggungjawab Anak-Anak Palestina, Tapi Muslim Sedunia