Home / Berita / Rilis Pers / Masyarakat Aceh Antusias Menyumbang Untuk Muslim Suriah

Masyarakat Aceh Antusias Menyumbang Untuk Muslim Suriah

Pengungsi Suriah Bertahan Hidup (dok. ACT)
Pengungsi Suriah Bertahan Hidup (dok. ACT)

dakwatuna.com – Banda Aceh – Jumat malam, 31/5/2013, Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Aceh menggelar Tabligh Akbar dan Penggalangan Dana untuk Muslim Suriah. Acara ini bertempat di masjid Agung Al-Makmur, Banda Aceh. Acara ini dihadiri oleh seribuan masyarakat Aceh. Menggelar acara ini, MIUMI Aceh bekerja sama dengan ormas-ormas Islam dan berbagai pihak lainnya di Indonesia yang peduli terhadap muslim Suriah.

Menurut ketua MIUMI Aceh, Ust. M. Yusran Hadi, Lc, MA, Tabligh akbar ini bertujuan untuk membangun kepedulian dan solidaritas umat Islam di Aceh terhadap saudaranya muslim di Suriah yang sedang mengalami penderitaan yang luar biasa akibat kekejaman dan kezhaliman yang dilakukan oleh rezim pemerintah Syi’ah Bashar Assad dan milisi Syi’ah pendukungnya, berupa pembunuhan, penyiksaan, dan pembantaian terhadap umat Islam di Suriah.

 

Tabligh Akbar

Acara Tabligh Akbar dimulai setelah shalat Maghrib di masjid Agung Al-Makmur. Pembicara pertama adalah Ust. Umar Mita, Lc (dai dari Jakarta dan relawan Hilal Ahmar Society Indonesia (HASI) tim ke 3) yang menjelaskan kondisi Suriah saat ini dengan memutar video yang menggugah para hadirin. Setelah Isya, Ust. Umar Faqihuddin (dai dari Semarang) menjelaskan urgensi jihad harta di jalan Allah Swt. Pembicara selanjutnya, Ust. Ahmad Farid Okbah, Lc. MA (Pendiri dan Pengurus Pusat MIUMI dari Jakarta) menjelaskan tentang skenario global musuh-musuh Islam seperti Yahudi untuk menghancurkan Islam dan hubungannya dengan Syi’ah.

Dalam kesempatan ini Ust. Farid Okbah mengatakan, “Musuh-musuh Islam selalu saja ingin menghancurkan Islam. Musuh dari luar seperti Yahudi dan Nasrani, sementara musuh dari dalam seperti Syi’ah. Sejak dulu sampai saat ini Syi’ah berkolaborasi dengan orang kafir untuk menghancurkan Islam. Pembantaian terhadap umat Islam di Suriah yang dilakukan oleh rezim Syi’ah Bashar Assad saat ini menjadi bukti nyata besarnya kebencian Syi’ah terhadap umat Islam (Ahlus sunah wal jamaah) dan membuka tabir hakikat Syi’ah yang berkedok Islam. Oleh karena itu, umat Islam mesti waspada terhadap musuh-musuh yang ingin menghancurkan Islam dan mesti bersatu dalam ukhuwah Islamiyah untuk membela dan menolong agama Allah Swt”.

 

Sumbangan untuk Suriah

Sumbangan dana untuk Suriah telah masuk ke pihak panitia sebelum Tabligh Akbar berlangsung. Sebelum Tabligh Akbar, setelah shalat Jumat MIUMI juga mengadakan dialog publik dengan para mahasiswa Aceh di masjid Jami’ Unsyiah bersama Ust. Farid Okbah yang dimoderatori langsung oleh ketua MIUMI Aceh Ust. M. Yusran Hadi, Lc. MA. Dalam dialog publik ini, infak dana untuk muslim Suriah berhasil terkumpul sebesar Rp. 6.950.000 beserta satu telepon genggam merek Nokia.

Sementara di masjid Agung Al-Makmur, usai Tabligh Akbar dana berhasil terkumpul sejumlah Rp. 45.385.400, beserta uang dolar sebesar 200 USD, tiga mayam emas (satu mayam sekitar 3 gram), satu gram emas, 1 Yuan, 1 Real Saudi, dan 1 jam tangan merek Bariho.

Keseluruhan dana terkumpul pasca tabligh akbar untuk sementara tanggal 31 Mei 2013 adalah berjumlah Rp. 52.335.400 dan langsung diterima oleh ketua Syam Organizer Pusat, Saiful Anwar dan rombongan.

“Alhamdulillah masyarakat Aceh sangat antusias membantu saudaranya muslim di Suriah. Penggalangan dana ini insya Allah akan terus berlanjut dan akan kami salurkan melalui relawan Hilal Ahmar Society Indonesia (HASI) yang langsung terjun ke Suriah. Dana ini untuk kebutuhan makanan, pakaian, obat-obatan dan tenda para pengungsi”. Ungkap Ketua MIUMI Aceh Ust Yusran kepada sejumlah media.

Ketua panitia, ust. Fauzi mengatakan, “Bagi yang masih ingin menyumbang, infaq dapat disalurkan melalui rekening atas nama Quran Institute: 2410031306, Bank Muamalat cabang Banda Aceh. Atau bisa menghubungi ketua panitia (ust Fauzi): 085361830702  atau  hubungi ketua MIUMI Aceh (ust. Yusran): 085277780685.”

Menggelar acara ini, MIUMI Aceh bekerja sama dengan ormas Islam nasional yaitu Syam Organizer, Hilal Ahmar Society Indonesia (HASI), dan Forum Indonesia Peduli Syam. Didukung oleh  Dewan Dakwah Aceh, Forum Ukhuwah Islam (FUI) Aceh, Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Aceh, Wahdah Islamiah Aceh, Hidayatullah Aceh, Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Aceh, Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh, Ikatan Siswa Kader Dakwah (ISKADA) Aceh, Komite Penguatan Aqidah dan Peningkatan Amalan Islam (KPA-PAI) Kota Banda Aceh dan ormas-ormas Islam lainnya di Aceh dan seluruh Indonesia, baik nasional maupun daerah. (Yasin/MIUMI)

Muhammad Yasin Jumadi. Lc.

Pengurus MIUMI Aceh Divisi Infokom & Publikasi

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Tabligh Akbar Peduli Palestina