Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Indahnya Harmonisasi dan Sinergi Dalam Perbedaan

Indahnya Harmonisasi dan Sinergi Dalam Perbedaan

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

harmonisasidakwatuna.com Ketika kita melihat proses pembangunan suatu rumah, pernahkah kita berpikir sejenak bahwa proses pembangunan rumah itu terdiri dari beberapa macam bahan bangunan, dimana setiap elemen bangunan tersebut memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda beda. Semen, pasir, batu, tanah, kayu dan besi semuanya adalah elemen yang memiliki perananan tersendiri dalam bersinergi untuk bisa olah menjadi sebuah bangunan atau rumah yang kokoh dan nyaman. Elemen-elemen yang berbeda inilah yang akan bersinergi menjadi suatu harmonisasi bangunan yang kokoh. Apabila elemen-elemen ini tidak saling mendukung dan saling menguatkan mana mungkin akan tercipta rumah yang berdiri kokoh. Itulah sebuah perumpamaan akan sebuah perbedaan yang saling menguatkan dan saling bersinergi untuk bisa mencapai satu tujuan tertentu.

Laksana kehidupan yang kita jalani, tentu kita tidak akan pernah luput dari segala macam perbedaan yang ada di setiap episode kehidupan kita. Karena sungguh hidup dalam suatu perbedaan bukan berarti kita harus menyamakan setiap perbedaan yang ada, tugas kita adalah untuk saling bersinergi dan menciptakan harmonisasi dalam perbedaan yang ada di dalam kehidupan kita. Maka perbedaan macam apapun yang kita temui di dalam kehidupan kita, sikapilah dengan baik tanpa menganggap apa yang kita lihat berbeda itu salah ataupun lebih buruk dari apa yang kita miliki. Jadikanlah setiap perbedaan yang ada untuk saling menguatkan bukan saling melemahkan.

Tengoklah bagaimana alam semesta raya ini Allah ciptakan dengan begitu indah dan sempurnanya, matahari, bulan, bumi dan planet planet yang melintasi setiap lintasan orbit, semuanya Allah ciptakan dengan berbeda beda dan memiliki fungsi yang berbeda pula.Matahari sebagai pusat tata surya yang senantiasa ikhlas memberikan cahayanya untuk setiap planet yang mengelilinginya, bulan yang senantiasa hadir menemani sang bumi kala malam hari, bintang gemintang yang dengan begitu indahnya hadir menemami sang rembulan menghiasai langit di malam hari, indah bukan, mereka semua memiliki fungsi dan peranan tersendiri dan mereka hadir untuk saling melengkapi sehinga tercipta harmonisasi alam semesta raya yang begitu indah dan sempurna.

Kemudian lihatlah bagaimana taman bunga yang begitu indah, bukankah mereka terdiri dari berbagai macam aneka jenis bunga yang menampilkan aroma yang harum dan warna yang indah. Itulah perbedaan dalam harmonisasi keindahan. Kehadiran setiap bunga yang tumbuh dalam satu taman memberikan peran tersendiri dalam mewarnai taman agar setiap mata yang memandangpun dapat menikmati keindahannya.

Maka mulai saat ini sikapilah setiap perbedaan yang ada dengan bijak, bukan untuk saling melemahkan. Perbedaan yang ada haruslah saling menguatkan laksana bangunan yang kokoh, perbedaan yang ada haruslah saling bersinergi laksana alam semesta raya, dan perbedaan yang ada haruslah saling mengindahkan laksana taman bunga, itulah indahnya harmonisasi dan sinergi dalam perbedaan.

About these ads

Redaktur: Aisyah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Gunawan Alfarizi
Gunawan alfarizi, saat ini berprofesi sebagai mahasiswa ekstensi s1 teknik telekomunikasi Institut Sains Dan Teknologi Nasional 2011 dan juga bekerja sebagai engineer on site disalah satu perusahaan BUMN dibidang telekomunikasi, pernah aktif menjadi pengurus dibeberapa organisasi di | LDK ( L-syami )|, | KAMMI IT Telkom |, | BEM Politeknik Telkom|, | HMJ Teknik Komputer | dan | FOSMA ESQ 165 Jawa Barat |,Kalimat penyemangat sampai saat ini adalah "Jika mereka bertanya kepadamu tentang semangat, jawablah bahwa bara itu masih tersemat dalam dadamu! bahwa api itu masih bersemayam dalam dirimu! bahwa matahari itu masih terbit dari hatimu! bahwa letupan itu siap meledak dalam duniamu! Katakan itu pda mereka, orang orang yang ragu akan kemampuan dirimu..Karena mimpimu saat ni adalah kenyataan untuk hari esok..
  • Oki Erie Rinaldi

    jadi begitu ya yang dimaksud “sinergi terbentuk karena adanya perbedaan”?
    sip! :D

Lihat Juga

Ilustrasi. (multnomahathleticfoundation.com)

Indahnya Bersama Jamaah