Topic Archives: Perbedaan

Bukan Sekedar Berbeda, Berbhinneka itu Keanekaragaman yang Bertenggang Rasa

Keberagaman hakikatnya adalah anugerah, yang harus dijaga bersama. Ketika ada satu ajaran agama lain yang melarang munculnya keberbedaan di tengah-tengah masyarakat, itu tidak lantas berarti tidak toleransi atau intoleran. Karena makna sesungguhnya dari intoleran itu tidak mengakui keanekaragaman dari keberbedaan. Intoleran itu sesungguhnya pelecehan terhadap nilai-nilai ajaran agama lain. Sejatinya, toleransi itu membiarkan penganut agama lain melakukan ajarannya tanpa ikut mencampuradukkannya. Intoleran yang sesungguhnya, ialah mengganggu ketenangan beribadah umat agama lain.

Baca selengkapnya »

Kita vs Kita

Ini mungkin sedikit gambaran kondisi umat Islam yang sekarang. “Umat muslim itu ibarat satu tubuh, jika ada satu bagian yang merasakan sakit maka bagian tubuh yang lain pun akan merasakan sakitnya pula”. Saya merasa pepatah ini semakin lama semakin hilang. Tidak sedikit umat Islam sekarang justru saling menyakiti saudara seimannya, sering sekali terjadi pergesekan yang terjadi dalam umat Islam sendiri.

Baca selengkapnya »

Bukankah Perbedaan itu Indah?

Sering kita mendengar bahwa sesuatu yang berbeda itu sulit untuk disatukan, bahkan mungkin tidak akan pernah bisa disatukan. Banyak kita dengar bahwa perbedaan mengantarkan kita pada keterpisahan. Seumpama minyak dan air, kedua cairan ini tak dapat disatukan meskipun kita telah mengaduknya agar tercampur. Padahal bisa kedua cairan itu bersatu, tetapi membutuhkan sabun untuk menyatukannya.

Baca selengkapnya »
Organization