Home / Berita / Internasional / Asia / Komentar Negatif Soal Negara Islam, Gubernur Tokyo Dikritik

Komentar Negatif Soal Negara Islam, Gubernur Tokyo Dikritik

Naoki Inose
Naoki Inose

dakwatuna.com – Tokyo.  Komentar tidak sedap diutarakan Gubernur Perfektur Tokyo, Naoki Inose dalam pencalonan ibukota Jepang tersebut sebagai tuan rumah, Olimpiade.

Komentar itu ditujukan kepada negara-negara Islam yang kebetulan ikut ambil bagian dalam pencalonan tersebut.

“Setiap negara Islam memiliki satu kesama yakni percaya kepada Allah, dan mereka berkelahi  dan menjaga jarak satu sama lain,” komentar Naoki seperti dikutip AFP, Selasa (30/4).

Komentar itu segera mendapat kritikan tajam di dalam maupun luar negeri. Namun, sekembalinya dari New York, Naoki membantah hal itu. Ia mengatakan komentar itu tidak mencerminkan maksud yang sebenarnya.

“Apa yang saya katakan seolah-olah Tokyo mengkritik kota lain. Tapi maksud saya tidak disampaikan dengan benar,” kata dia.

Selasa (30/4) ini, publik Jepang mendesak Naoki untuk segera meminta maaf. Pasalnya, Jepang tengah mempererat hubungan dengan Timur Tengah guna mendongkrak perekonomiannya yang sempat mandek satu dekade belakangan. Atas alasan kepentingan negara, Naoki pun mengamini permintaan itu.

“Saya meminta maaf jika ada kesalahpahaman dari ketidakcakapan saya dalam berkomentar,” ujar Naoki.

Menanggapi hal itu, Komite Olimpiade Internasional (IOC), dalam pernyataan resminya menyatakan setiap calon tuan rumah perlu untuk menghormati nilai-nilai Olimpiade seperti rasa hormat dan persahabatan antar ras, budaya, dan agama.  (as/clr/rol)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Membentuk Karakter Pemimpin yang Islami Sejak Dini