Home / Berita / Internasional / Asia / Universitas Al Aqsa Wajibkan Mahasiswinya Berjilbab

Universitas Al Aqsa Wajibkan Mahasiswinya Berjilbab

pelajar muslimahdakwatuna.com – Yerusalem.  Universitas Al Aqsa di Jalur Gaza mewajibkan mahasiswinya mengenakan busana Muslimah ketika masuk ke dalam kelas. Busana Muslimah seperti hijab, baju panjang, atau jaket panjang menjadi rujukan pakaian mahasiswi di universitas tersebut.

Kebijakan itu dinilai banyak pihak berbau politis ketimbang karena agama. Universitas Al Aqsa memiliki 6.000 pelajar dan 97 persen mahasiswinya sudah menggunakan hijab.

Kebijakan lain Universitas Al Aqsa adalah memisahkan mahasiswa dan mahasiswi alias tidak belajar dalam satu kelas. Mahasiswa dan mahasiswi belajar bergantian berdasarkan hari.

Seorang mahasiswi Universitas Al Aqsa, Leema Majdi mengatakan, saat pertama ia masuk ke dalam kampus, Majdi dihentikan pihak keamanan kampus. Ia ditanya kenapa tidak mengenakan hijab. Bahkan Majdi diancam dikeluarkan dari kampus jika tidak menuruti peraturan. “Akhirnya saya berpikir harus menggunakan hijab untuk menyelesaikan kuliah saya,” kata Majdi seperti dinukil dari Radio France Internationale.

Tantangan datang dari para mahasiswi yang merasa tidak nyaman akan kebijakan tersebut. Para mahasiswi yang menentang kebijakan itu beralasan, mereka kesulitan berolahraga di kampus dengan baju tersebut.

“Kita butuh baju yang cocok untuk olahraga,” kata Yasmin Rafeq, mahasiswa Universitas Al Aqsa lainnya.

Menurut Rafeq, kebijakan itu tidak tepat. Sebab, Universitas Al Aqsa adalah kampus milik pemerintah. “Kalau seperti itu pilih saja Universitas Islam di Gaza,” katanya. (ws/rol)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi (act.id)

Ketika Merah Putih Berkibar di Langit Gaza

Organization