Home / Berita / Internasional / Asia / Gubernur Sumbar ke Turki untuk Jalin Kerjasama Ekonomi dan Investasi

Gubernur Sumbar ke Turki untuk Jalin Kerjasama Ekonomi dan Investasi

Ilustrasi. (whereig.com / dakwatuna / hdn)
Ilustrasi. (whereig.com / dakwatuna / hdn)

dakwatuna.com Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno direncanakan akan berangkat ke Turki. Keberangkatannya ini guna memenuhi undangan pemerintah Turki pada saat melakukan kunjungan ke Sumbar 10 Januari 2013 yang lalu. Selain itu juga dalam rangka undangan dari Pacific Countries Social and Economic Solidarity Association (PASIAD) kepada Gubernur Sumbar dan jajarannya yang menangani bidang ekonomi Sumbar. Gubernur Sumbar dan jajarannya diundang ke Turki untuk membuka kerjasama di bidang investasi, ekonomi, dan pendidikan antara Turki dan Sumbar.

Turki sendiri merupakan negara yang memiliki pendapatan perkapita 11000 USD, tumbuh pesat dari yang awalnya hanya 3000 USD. Oleh karena itu Gubernur Sumbar akan mengunjungi Turki untuk membuka peluang kerjasama bidang ekonomi antara Turki dan Sumbar.

Selain itu juga rencananya akan dilakukan kerjasama di bidang perkebunan, khususnya di bidang perdagangan Kakao serta pengolahan Kakao. Sumbar akan mengajak Uiker Company, salah satu produsen makanan dan minuman berbasis Kakao dari Turki, untuk mendirikan pabrik di Sumbar.

Kunjungan Irwan Prayitno ini akan didampingi oleh BKPMP Sumbar, Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral Sumbar, Biro Ekonomi Setda Sumbar, dan HIPMI Sumbar. Kunjungan akan dilakukan pada tanggal 13 April hingga 15 April 2013. Selama kunjungan tersebut, pada hari pertama rombongan akan mengunjungi Zaman Daily Newspaper, melakukan pertemuan dengan Bank Asya, pertemuan dengan para pebisnis dan investor Istanbul.

Pada hari kedua, rombongan akan melakukan pertemuan dengan Emin Hitay, investor panas bumi yang sudah mendapat izin survey panas bumi di Sumbar. Pada hari terakhir, rombongan akan melakukan pertemuan bisnis dengan BUGIAD (Bursa Entrepreneur Bussiness Association), dengan Gubernur Bursa, dengan Uiker, serta pertemuan dengan TUSKON (Confederation of Bussinessmen and Industrialists of Turkey). (dakwatuna/hdn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Erdogan Kembali Kecam As-Sisi, Hubungan Mesir-Turki Kian Menegang