Topic
Home / Berita / Daerah / Survei LSI: Gatot-Tengku Diprediksi Unggul di Pilgub Sumut Dengan Satu Putaran

Survei LSI: Gatot-Tengku Diprediksi Unggul di Pilgub Sumut Dengan Satu Putaran

Pasangan Cagub-Cawagub Sumut Nomor 5, Gatot Pujo Nugroho dan Tengku Erry Nuradi. (inet)
Pasangan Cagub-Cawagub Sumut Nomor 5, Gatot Pujo Nugroho dan Tengku Erry Nuradi. (inet)

dakwatuna.com – Dua hari menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut), Lingkaran Survei Indonesia (LSI) mengumumkan prediksinya. Lembaga ini memperkirakan Pilgub akan berlangsung satu putaran saja.

Manager Riset LSI, Setia Darma, menyatakan berdasarkan survei yang mereka lakukan, ada calon yang berpeluang memperoleh suara lebih dari 30 persen. Survei itu sendiri berlangsung pada 25 Februari hingga 3 Maret 2013.

“Metode survei yang dipergunakan yakni multistage random sampling terhadap 440 responden dengan margin error sekitar 4,8%,” kata Setia Darma kepada wartawan di Hotel Danau Toba Internasional, Jalan Imam Bonjol, Medan, Selasa (5/3/2013) malam.

Berdasarkan survei tersebut, pasangan Gatot Pujo Nugroho-Tengku Erry Nuradi (GanTeng) yang bernomor urut 5 unggul dengan perolehan 32,2 persen. Disusul posisi kedua pasangan Gus Irawan Pasaribu-Soekirman (Gusman) dengan perolehan 21 persen, dan posisi ketiga pasangan Amri Tambunan-RE Nainggolan (Amri-RE) dengan perolehan 18,3 persen.

Berikutnya pada posisi keempat pasangan Effendi MS Simbolon-Jumiran Abdi (EsJa) dengan angka 14,6 persen, dan posisi juru kunci adalah pasangan Chairuman Harahap-Fadly Nurzal (Charly) dengan angka 5,3 persen.

Masih berdasarkan survei ini, ada sekitar 8,7 persen yang merahasiakan atau belum memutuskan akan memilih siapa.

“Survei yang kami lakukan secara profesional, ilmiah atau tanpa sponsor pihak manapun yang berkaitan dalam hal penyelenggaraan Pilgub Sumut,” kata Setia.

Pilgub Sumut akan berlangsung pada 7 Maret 2013. Tercatat ada 10.310.872 pemilih terdaftar yang berhak memberikan hak suara. Para pemilih yang berasal dari 33 kabupaten dan kota ini, tersebar di 422 kecamatan dan 5.875 desa dan kelurahan. Mereka bakal memberikan suaranya di 26.443 TPS. (rul/rmd/detikcom)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 10.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Pemilu Turki; Erdogan ‘Digdaya’ Menurut Hasil Survei

Figure
Organization