Home / Berita / Daerah / Hasil Survei Puskaptis, Aher-Deddy Mizwar Menang Satu Putaran

Hasil Survei Puskaptis, Aher-Deddy Mizwar Menang Satu Putaran

Pasangan Cagub-Cawagub Jabar Ahmad Heryawan - Deddy Mizwar sebelum berkampanye di Gasibu, Bandung, 20 Februari 2012. (Facebook.com / AherDeddyMizwar)
Pasangan Cagub-Cawagub Jabar Ahmad Heryawan – Deddy Mizwar sebelum berkampanye di Gasibu, Bandung, 20 Februari 2012. (Facebook.com / AherDeddyMizwar)

dakwatuna.comHasil survei Pusat Kajian dan Kebijakan Pembangunan (Puskaptis) pada 17-19 Februari 2013, memerlihatkan pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar, berada di peringkat pertama.

Menurut Direktur Eksekutif Puskaptis, Husin Yazid, pasangan yang diusung Partai Keadilaan Sejahttera (PKS) ini mengantongi 32,79 persen suara.

“Survei memerlihatkan terjadi tren peningkatan terutama pada tiga calon. Yakni Ahmad Heryawan, Dede Yusuf dan Rieke Dyah Pitaloka. Namun, tren peningkatan terbesar ada di Aher,” katanya di Jakarta, Rabuu (20/2).

Di bawah Aher, pasangan Dede Yusuf-Lex Laksmana diketahui mengantongi suara 28,39 persen.

Sementara di urutan tiga, duet Rieke Dyah Pitaloka-Teten Masduki, menurut Husin, mengantongi 16,62 persen. Berikutnya pasangan Irianto MS Syafiuddin-Tatang Farhanul Hakim, 14,17 persen. Dan terakhir Dikdik Mulyana Arief Mansur-Cecep Toyib sebesar 0,97 persen.

Survei kali ini menggunakan metode multistage random sampling, dengan margin error lebih kurang 2,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

“Survei kita laksanakan di 26 kabupaten/kota, 185 kecamatan dengan tingkat sebaran 366 kelurahan/desa. Jumlah responden mencapai 1.250 orang. Yang belum menentukan pilihan atau swing votter, sebanyak 7,05 persen,” katanya.

Menurut Husin, dari sisi Wilayah Koordinasi Program Pembangunan (WKPP), Aher-Deddy unggul di tiga WKPP. Yakni WKPP I, II dan IV.

WKPP I melingkupi Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi dan Cianjur. Sementara WKPP II mencakup Kabupaten dan Kota Bekasi, Karawang, Purwakarta, dan Subang.

WKPP III sendiri melingkupi Kabupaten dan Kota Cirebon, Kuningan, Majalengka dan Indramayu. WKPP IV terdiri atas Kabupaten dan Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Cimahi, Sumedang, Garut, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Ciamis dan Kota Banjar. “Nah Yance menguasai WKPP III,”ujar Husin.

Sementara dari sisi penguasaan Kabupaten dan Kota, Aher-Deddy unggul di 15 Kabupaten/Kota. Sementara Dede Yusuf-Lek Laksmana unggul di 9 Kabupaten/Kota, Yance di 5 Kabupaten/Kota. Sementara pasangan Rieke-Teten meski tidak unggul di satu daerah pun, namun trennya menurut Husin, terus meningkat.

“Melihat hasil survei ini, Pilkada Jabar sepertinya akan berlangsung satu putaran. Dimana duet Aher-Deddy keluar sebagai pemenang,” ujarnya. (gir/jpnn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 9,33 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Aher: Negarawan Itu Miliki Ideologi Dan Kepemimpinan