Home / Berita / Nasional / Ketua MUI: Almarhumah Prof. Zakiah Peduli Pendidikan

Ketua MUI: Almarhumah Prof. Zakiah Peduli Pendidikan

Almarhumah Prof. Zakiah Darajat. (inet)
Almarhumah Prof. Zakiah Darajat. (inet)

dakwatuna.com – Jakarta. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Amidhan menyatakan Prof Zakiah Darajat adalah tokoh besar dan wanita yang sangat peduli di bidang pendidikan.

“Indonesia kehilangan tokoh besar wanita,” kata Amidhan lewat telepon di Jakarta, Selasa, terkait meninggalnya Prof Zakiah Darajat di Jakarta, Selasa (15/1) sekitar pukul 09.00 WIB dan dimakamkan di Kompleks UIN Ciputat pada hari yang sama.

Guru besar UIN Jakarta itu wafat pada usia 83 tahun tatkala dirawat di RS UIN Syarif Hidayatullah.

Almarhumah adalah tokoh pendidik sekaligus pula psikolog agama. Almarhumah juga pernah duduk sebagai pengurus inti MUI pusat.

Selain itu, psikolog lulusan Universitas Ain Syams Kairo ini pernah tampil sebagai presenter bersama Buya Hamka di Radio Republik Indonesia pada tahun 1970-an.

Selain pernah menjadi direktur pendidikan Agama Islam di Departemen (kini Kementerian) Agama, juga mengajar di UIN. Juga membuka praktek di kediamannya sebagai psikolog.

“Dengan segala kelembutan yang dimiliki, almarhumah berhasil memberi solusi bagi setiap pasien,” katanya mengenang.

Almarhumah adalah orang yang paling konsisten di bidang pendidikan. Karena itu pula ia kerap dimintai pendapat tentang hukum Islam dan berbagai upaya memulihkan mengembalikan mental seseorang yang tengah terpuruk.

“MUI pun pernah meminta pendapat almarhumah tentang musibah yang dialami warga Aceh tatkala terjadi tzunami. MUI bersama almarhumah menyusun buku dan kemudian dijadikan panduan untuk memulihkan mental warga terkena musibah,” katanya. (E001/R007/Tasrief Tarmizi/Ant)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 5,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

MUI Meminta Agar Jangan Membelokkan Tujuan Aksi 4 November dengan Isu Lain