Home / Berita / Internasional / Afrika / Mesir Sita Roket Anti-tank dan Anti-pesawat di Sinai

Mesir Sita Roket Anti-tank dan Anti-pesawat di Sinai

Padang Pasir Sinai (inet)
Padang Pasir Sinai (inet)

Dakwatuna.com Ismailia, Mesir :: Pemerintah Mesir telah menyita enam roket anti-tank dan anti-pesawat di Semenanjung Sinai, dan menduga penyelundup mungkin  bermaksud mengirim semua itu ke Jalur Gaza, yang dikuasai HAMAS, kata beberapa sumber keamanan, Jumat (4/1).

Mereka mengatakan roket tersebut, yang disita di Sinai tengah pada Kamis (2/1), “modern”, tapi tak mengungkapkan asal senjata itu. Tak ada penyelundup yang ditemukan di daerah tersebut.

Pasukan keamanan Mesir berusaha menerapkan kembali kendali atas Sinai, yang berbatasan dengan Israel dan Jalur Gaza dan telah mengalami kondisi tanpa hukum sejak revolusi yang menggulingkan rezim Mubarak pada Februari 2011.

Militer belum lama ini mengumumkan telah menyita roket selundupan dan senjata lain di gurun Mesir Barat, yang berbatasan dengan Libya –yang telah dipenuhi senjata sejak perang saudara, yang menggulingkan pemimpin Libya, Muamar Gaddafi pada 2011.

Mesir menutup sebagain terowongan yang digunakan untuk menyelundupkan barang ke dalam wilayah Jalur Gaza tahun lalu, sebagai bagian dari penindasan atas gerilyawan fanatik yang dituduh membunuh 16 penjaga perbatasan pada 5 Agustus.

Mesir menengahi gencatan senjata yang mengakhiri babak paling akhir pertempuran antara Israel dan penguasa Jalur Gaza, Gerakan Perlawanan Islam (HAMAS), pada November. Berdasarkan kesepakatan tersebut, Israel meminta Mesir menindak senjata di Sinai yang diselundupkan ke dalam daerah kantung pantai yang dikenakan blokade itu.

“HAMAS telah dikungkung di Jalur Gaza, dan Mesir terikat komitmen untuk mencegah penyelundupan senjata,” kata Wakil Perdana Menteri Israel, Moshel Yaalon dalam satu pernyataan pada Jumat.

Presiden Mesir, Muhammad Mursi telah berikrar akan memulihkan hukum di Sinai. (dkw/antara)

About these ads

Redaktur: Samin Barkah, Lc., ME

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Kira2 Roket yg ingin diselundupkan tersebut ditujukan untuk diapa ya?

Lihat Juga

Aksi Solidaritas Palestina oleh LDK SSP STEI SEBI yang berlokasi di Car Free Day, Jakarta. Ahad (27/11/2016).  (Ahmad Jundi Taqiyuddin/LDK SSP STEI SEBI)

Aksi Solidaritas Untuk Palestina di Car Free Day Jakarta