Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Kubu Islam Sambut Kemenangan Referendum Mesir

Kubu Islam Sambut Kemenangan Referendum Mesir

Antrian warga Mesir dalam pemungutan suara Referendum Mesir di Mahalla el-Kubra, sekitar 110 km (68 mil) dari utara Kairo, 15 Desember 2012. (REUTERS/Mohamed Abd El Ghany)
Antrian warga Mesir dalam pemungutan suara Referendum Mesir di Mahalla el-Kubra, sekitar 110 km (68 mil) dari utara Kairo, 15 Desember 2012. (REUTERS/Mohamed Abd El Ghany)

dakwatuna.com – Kubu Islam yang terdiri dari Ikhwanul Muslimin dan Salafi menyambut hangat hasil referendum konstitusi yang digelar Pemerintah Mesir.

Komisi Referendum Konstitusi Mesir pada Selasa (25/12) malam mengumumkan hasil referendum konstitusi baru dengan perolehan, 63,8 persen mendukung dan 32,2 persen menolak.

Referendum tersebut merupakan pengesahan Rancangan Undang-Undang Dasar (RUUD) yang diajukan oleh Majelis Konstituante setelah lebih enam bulan pembahasannya yang penuh kontroversi.

RUUD tersebut didukung oleh kubu Islam dari Partai Kebebasan dan Keadilan (sayap politik Ikhwanul Muslimin) dan Partai An-Nur (sayap politik Salafi).

Adapun kubu yang menamakan diri “Kelompok Madani” menolak keras RUUD itu karena dinilai terlalu condong kepada kepentingan kubu Islam yang bersikeras menerapkan syariat Islam.

Semula kubu penentang menolak pelaksanaan referendum, namun pada detik-detik akhir menjelang rereferendum tahap pertama pada 15 Desember, kubu tersebut mengajak rakyat untuk menolak RUUD.

Referendum konstitusi tersebut diselenggarakan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama di 10 provinsi termasuk Kairo pada 15 Desember 2012 dan tahap kedua di 17 provinsi sisanya pada 22 Desember 2012.

Selain di dalam negeri, sekitar setengah juta warga Mesir di luar negeri juga menggunakan hak suaranya lewat kedutaan dan konsulat di berbagai negara.

Hasil referendum itu akan meratakan jalan bagi penyelenggaraan pemilihan legislatif dalam waktu dua bulan mendatang. (Heri Ruslan/Antara/ROL)

Redaktur: Samin Barkah, Lc. M.E

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 10.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Konflik Air Antara Ethiopia, Sudan, dan Mesir

Figure
Organization