Home / Berita / Internasional / Asia / Imam Masjidil Haram Tutup Usia

Imam Masjidil Haram Tutup Usia

Muhammad-bin-Abdullah-Al-Sabildakwatuna.comImam Masjidil Haram, Syaikh Muhammad bin Abdullah Al-Sabil dikabarkan telah tutup usianya yang ke-88 tahun. Beliau wafat di rumah sakit Garda Nasional, Jeddah, Senin (17/12).

Syaikh Al-Sabil wafat setelah menjalani perawatan intensif akibat penyakit komplikasi jantung dan paru-paru yang dideritanya. Shalat jenazah diselenggarakan di Masjidil haram pada Selasa (18/12) sore waktu setempat.

Syaikh Al-Sabil yang terkenal sebagai mantan ketua presidensi umum Masjidil Haram dan Masjid Nabawi juga sebagai ulama senior yang disegani di seantero Timur Tengah. Syaikh telah mengimami shalat di Masjidil Haram selama 44 tahun.

Ulama kelahiran tahun 1924 yang berasal dari daerah Qashim tersebut juga pernah menjadi anggota Haiah Kibaril Ulama (Komite Ulama Senior Saudi). Selain menjadi imam, beliau juga pernah mengajar sebagai Dosen Fakultas Syariah dan Dirosat Islamiyyah di Universitas Ummul Quro Saudi.

Selain dari tokoh-tokoh Arab Saudi sendiri, ucapan belangsungkawa mengalir dari beberapa tokoh dunia islam. Kepulangan Syaikh ke rahmatullah juga sempat menjadi tranding topik di twitter Saudi.

Selain itu, tokoh-tokoh Hamas di Palestina yang termasuk lebih utama merespon wafatnya Syaikh, menyampaikan takziahnya ke kerajaan Saudi. Seperti pernyataan resmi Hamas yang disampaikan lewat website resminya, Hamas menyampaikan duka cita yang mendalam.

“Beliau merupakan anggota Lembaga Ulama Besar, juga anggota Lembaga Fikih Islam dan Ketua Komite Media Masjid di kerajaan Arab Saudi. Semoga Allah memberikan rahmat yang luas kepada beliau dan memberikan kesabaran dan ketabahan kepada keluarga yang ditinggalkan.”. (ROL/PIP)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (7 votes, average: 9,29 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Ehend Sungkay

    semoga ALLAH memberikan tempat yang mulia disisinya.
    dan memberikan ketabahan kepada keluarga & kerabat yg di tinggalkan…

  • Machmud Yahya

    Ahli jannah ,khusnul khotimah , insya allah.

Lihat Juga

Ilustrasi. (Aki Awan)

Kelu Lidah di Lelantai Haramain