Home / Berita / Nasional / Gus Sholah: Muslim Boleh Ucapkan Natal

Gus Sholah: Muslim Boleh Ucapkan Natal

Salahuddin Wahid atau Gus Solah. (Antara/Widodo S Jusuf)
Salahuddin Wahid atau Gus Solah. (Antara/Widodo S Jusuf)

dakwatuna.com Cendekiawan Muslim Salahuddin Wahid mengatakan, umat Islam sah-sah saja mengucapkan Natal kepada umat Kristiani. Pasalnya, tidak ada dasar yang melarang Muslim mengucapkan natal.

“Mengucapkan Natal adalah bentuk ungkapan saling menghormati antarpemeluk agama,” kata Gus Sholah, Jakarta, Kamis (20/12/2012), sebagaimana dilaporkan Kompas.

Gus Sholah menambahkan, para ulama yang melarang umat Islam mengucapkan selamat Natal perlu mencari alasan tepat. Kendati demikian, Gus Sholah tidak menyalahkan para ulama itu. Menurutnya, ulama memiliki dasar pendapat sendiri. Gus Sholah hanya meminta agar para ulama memikirkan dampak sosial dari ucapannya. Pasalnya, ucapan mereka berdampak luas.

“Aspek sosial tidak pernah melarang Muslim mengucapkan Natal. Saya sendiri juga mengucapkan Natal,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Majelis Ulama Indonesia Ma’aruf Amin melarang umat Islam mengucapkan Natal kepada Kristiani. Umat Islam, kata Amin, lebih baik menghindari mengucapkan Natal. “Sebaiknya tidak usah ajalah (mengucapkan Natal). Tahun baru saja. Mengucapkan Natal itu masih menjadi perdebatan,” kata Amin di Kantor MUI, Jakarta, Rabu (19/12/2012).

Selain itu, Amin juga mengimbau Muslim untuk tidak menghadiri perayaan Natal. Sebab, tindakan tersebut diharamkan oleh MUI atas dasar fatwanya.

“Ada fatwa MUI supaya tidak boleh ikut acara ritual Natal. Karena itu ibadah, haram mengikuti ritualnya,” terang Amin.

Meskipun melarang, Amin mengimbau seluruh umat Islam untuk menjaga kerukunan umat beragama. Hal itu, terangnya, dilakukan saat Kristiani merayakan Natal. “Kalau untuk perayaan ini (Natal), tentu kita harus menjaga kerukunan dan toleransi,” pungkasnya. (Hindra/KCM)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (20 votes, average: 3,90 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Dasar fatwa MUI sudah cukup jelas. Saya gak tau gus sholah ini ngomong atas pendapat pribdi atau jadi fatwa baru. Embel2 di atas menyebut beliau sebagai cendikiawan muslim akan berdampak luas pada ummat. Pendapat baru yang berbeda dengan pendapat umum yang sudah berlaku dan toh gak ada masalah selama ini perlu betul2 melalui kajian serius dan mendalam sebelum dilontarkan itu ke khalayak ramai.

  • abi.

    mengucapkan selamat natal sama dengan mengakui adanya tuhan selain Alloh.

    • dimas

      ya ga lah…..

    • iroel

      ya gak segampng itu bro…
      pengakuan itu dtangnya dari hati bro…

      • Komeng

        Wah, klo yg namanya aqidah udh ga pake rambu dan ditawar2. berarti boleh ikut misa, atau ibadah agama lainnya, yg penting cm numpang duduk, tapi hati ga mengakui? lakum dinukum waliyadin sob….waallaahu ‘alamubishowaab

    • Abu Hallaj

      Kalo ane mengucapkan selamat atas kelahiran cucu SBY, itu artinya apa akhi Abi?

      • Komeng

        mengucapkan selamat atas kelahiran, berarti ikut senang, dan mengakui cucu sby sebagai insan yg baru…mengucapkan selamat natal berarti, mengakui dan ikut setuju bahwa telah lahir anak Tuhan…jd ga sembarang bisa disamakan, liat esensinya…naudzubillaahi min dzalik

    • yang ngucapin natal….. gak punya pendirian… kasihan… takut dibilang nggak pluralis… pluralisme kan haram…

  • A.A. Danie

    Bukannya membela Gus Solah, apa yang diutarakannya itu memang ada landasan ilmiahnya. Berbeda pendapat itu, sdh biasa di kalangan ulama sejak dulu kok. Fatwa itu juga digali dari perbedaan pendapat tsb. atas pertimbangan maslahat-mafsadat. Kalau ana salah, mohon diluruskan…

    • Gagah Pandu

      Adakah manfaat & maslahat mengucapkannya bung Ag Ahmd??
      Apa maslahatnya??? Demi kerukunankah??? Dahulu Nabi SAW ditawari gantian nyembah Tuhan dg orang musyrik. Bahkan ditawari kedudukan sosial. Nabi SAW menolak tegas ajakan itu dan turun QS Al Kafiruun 1-6.
      Beliau Nab SAW tdk terima meski alesannya dianggep tidak ilmiah, atau demi kerukunan agama, atau maslahat2 yg laen…
      Maaf tidak bermaksud mengecilkan kadar ilmu gus solah, tapi kayaknya kalo dibandingkan dengan Buya Hamka, kayaknya ga seberapanya………

  • umat Islam tidak mengucapkan Selamat Natal kayaknya tidak bakalan berpengaruh pada kerukunan tetapi ketika Gus Solah berpendapat seperti diatas akan banyak kebimbangan di kalangan umat Islam karena kontra dengan MUI.

    • arhad

      lagian sebanyak mana sih manfaatnya…

  • ahmed

    http://www.ikhwanweb.com/article.php?id=18905

    itu linknya bahwasannya ikhwanul muslimin di mesir mengucapkanselamat hari natal

    • dika

      itu tidak bisa dijadikan standar kebenaran.

  • Yah itu mah biasa nglanjutin kebiasaan Gus Dur. Biasa pada sok nyleneh sendiri..maklum populis sensasional aturan sendiri….semoga diberikan jalan yang lurus dan hal itu pun dimaafkan Allah karena Gus Solah tiap hari beristighfar.

  • colek

    bersikap wara’ saja… berhati-hati..

  • dika

    saya pernah mendengar tausiah di radio dakwah bahwa “selamat natal” tidak boleh diucapkan.
    selamat bisa diartikan sebagai salam, yang di dalam islam salam bisa menyelamatkan orang dari api neraka. Nah, berarti orang yang merayakan natal selamat dari api neraka. dengan kata lain, mengucapkan selamat natal=membenarkan agama mereka.

    • Aris Susantio

      betul….

    • yup… anda benar….

  • khairil

    gus sholah seharus nya belajar agama lebih kaffah,jangan mengikuti gusdur saja.pendapat gus sholah ini bukan seorang muslim tapi murtad.bagi org yg agama nya dangkal ini bisa dianggap benar padahal najis.hati-hatilah bagi kaum muslim dgn anda mengucapkan natal anda sudah murtad shalat anda tidak sah menurut syariat

    • dimas

      aduhhhh emang km orang suci yang langsung masuk sorga tanpa melewati neraka???? hati2 mengatakan orang lain murtad……. kacau lo….

    • resty

      klo yg mengkafirkan orang lain termasuk apa???

    • Standar Stand

      @KHAIRIL, UMAT MUSLIM SEBENARNYA ITU MEMILIKI SOPAN SANTUN DALAM BICARA, DAN TIDAK SUKA MENCEMOOH/ MEMURTAD-MURTADKAN ORANG LAIN, WONG GUS SOLAH AJA GA NYALAHIN PANJENENGAN YG MELARANG NGUCAPIN NATAL, MALAH PANJENENGAN MURTAD-MURTADKAN GUS SHOLAH. JANGAN BGT DONG MAS KHAIRIL YG SUCI BERSIH BAGAIKAN …….MENGAPA ANDA BAWA BAWA NAMA GUSDUR JUGA, YG DAH MENINGGAL? MUSLIM KO PENDENDAM GITU, LAKUM DHIINUKUM WALIYADHIIIN,

  • agus wahyu

    kita bisa belajar banyak dari perbedaan pendapat para ulama, dan mungkin bisa mengenali kriteria ulama yg di sebut oleh rasululloh ” al `ulamaau fi abwabi jahannam “

  • citra

    berani sekali gus sholah berkata spt ini???? mau melawan Alloh ya? mau mengakui Tuhan selain Alloh ya????? sudah jelas NATAL itu= hari kelahiran, dan yang mereka sembah itu BUKAN Alloh….dan Nabi Isa BUKAN Tuhan melainkan Rasul Alloh, dan YESUS yang mati itu BUKAN Nabi Isa, TAPI YUDAS ISKARIOT!!!!!

    • iroel

      lampirkn dnk dsarnya…..!!

      • syahid

        dasarnya ada d dlm kitab INJIL..
        apakah ada kisah yudas setelah terjadi proses penyaliban????

  • apa bedanya….!!!

  • kin

    ini tentang aqidah, bukan pendapat sendiri2

  • fafa

    apa umat kristiani mau kalau kita minta mengucapkan dua kalimat syahadat?
    kenapa kita mau-maunya mengucapkan “selamat natal” kepada mereka?
    masalah akidah koq ditawar-tawar..

  • udah tua ko masih nyari sensasi dunia yah gus hahaha

  • masya allah, islam agama rahmatan lil alamin, tidak agama yg selamat dan
    sejahtera selain islam… dan hanya islam yg memberikan KESELAMATAN…
    dan memberikan ucapan SELAMAT berarti memberikan KESELAMATAN kepada
    mereka…

  • Abu Hallaj

    Selamat Natal buat seluruh pembaca http://www.dakwatuna.com

  • gus solah kan sama juga dengan gus dur termasuk tokoh JIL

  • aldryne

    toleransi dalam islam diatur dengan sangat apik, dan ingat yang utama dari segala hal adalah yg merujuk kepada nilai tauhidnya, bukan sekedar bertoleransi.

  • evilita

    “We wish that Christians have an active role in promoting justice and
    freedom everywhere, and especially the right of the Palestinian people
    to freedom and independence,” Habib said in a press release.

    “I also call on our Christian brothers in the East and the West to be part
    of the political and social struggles of their nations by reviving
    religious morals and ethics which will make the world a better place for
    everyone.”

    Itulah kutipan dari salah seorang cendikiawan muslim mesir.

    Bila kita telisik lebih dalam, ucapan itu bukan untuk mengucapkan selamat hari lahirnya Kanjeng Pangeran Isa al-masih, tapi lebih pada mengajak umat nasrani untuk bersama-sama umat Islam mempromosikan keadilan dan kemerdekaan, memperkuat nilai keagamaan, moral dan etik, agar tercipta dunia yang lebih baik untuk semua.

    • arhad

      mengapa harus mengharap agama lain membela umat Islam, Gusw Dur aja pernah kecewa pada mereka karena mereka adalah silent society

  • Bonbon

    klo ga ngucapin slamat natal berarti ga toleran gitu…??? klo ga ngucapin slamat natal brarti anti kberagaman gitu..??? klo ga ngucapin slamat natal mengancam kerukunan gitu…??? heeelooooooo……..

    • kalo ngomongin toleran, saya juga minta dong toleransi dari saudara kita di nasrani se[erti apa ya toleransinya? kok nabi muhammad gak ada di daftar nabinya, kok al-qur’an pun juga gak ada di daftar kitab-kitab yang di pelajarinya?
      setahu saya islam ini udah banyak toleransinya ke kaum2 nasrani, cuma mereka aja yang “agak”.
      hell lloooooooo…….

    • Aspari

      Orang-2 bodoh selalu beralasan, orang Nasrani ngucapin Hari Raya Id kok kekita. Lalu apa salahnya kita ngucapan kalimat maksiyat itu. Mereka lupa Selamat Hari Raya tak mensiratkan Ibadah apa-2, kecuali kemenangan ba’da shaum, Tapi kalimat maksiat itu jelas-2 berisi Ibadah. Maukah orang-2 Nasrani mengucapkan Selamat Idul Adha, mereka mengharamkannya, karena mereka tak mengakui pengorbanan Nabi Ismail. Tapi kalaulah Nabi Ishaq yang dijadikan korban baru mereka merasa dilibatkan Tuhan Bapa dalam peristiwa Nabi Ibrahim itu. Kita ini. Wahai Gus, ingat peringatan Allah SWT dalam Surat Al-Baqarah ayat 109 , 111 , 120 , Al-Imran ayat 28 , Al-Maidah ayat 51 dan masih banyak ayat-2 lainnya yang sudah dipastikan Gus lebih banyak tahu dari kita yg awam ini

  • 12180

    Ngucapin selamat natal haram hukumnya, toh dilakukan cuma setahun sekali, merokok yg juga haram menurut fatwa MUI, malah dilakukan sehari hampir 5x, setelah sholat, termasuk setelah sholat Jumat, pada ngerokok. Kalo pingin hidup bersih terhindar dari perbuatan haram, berhenti ngerokok dulu, baru berhenti gak ngucapin selamat natal, toh dua-duanya produk fatwa MUI, bagi yang masih keukeuh ngerokok halal, silahkan ngucapin selamat natal untuk semua teman2 elo yak, gitu aja kok repot. Merokok malah merusak akidah, sebagian besar perokok malah mempertuhankan rokok selain Allah SWT, tiada hari tanpa rokok, gak bisa mikir kalo blom ngerokok, bener gak bro? ketergantungan kepada sesuatu selain Allah SWT, namanya apa ya bro?

    • laik dis lho… :)

      • Izzari Irazzi

        masak ngerokok haram gan,,?

        • Abshan Shihab AbBedulloh

          semua yang berlebihan jatuhnya haram, mksd komentar di atas, menuhankan rokok,, klo rokoknya sndri makruh, haramnya mah merusak diri sndri, krena hal yang merugikan diri sndri saja udah dosa, bgtuu

  • MUI melarang mengucapkan selamat natal, tapi apakah MUI pernah melarang memilih pemimpin yg masih melegalkan prostitusi? bukankah prostitusi haram?

  • thagor

    kyai gendeng…

  • Gundala

    klo ngucapin natalnya boleh klo slametnya ga,….najis..

  • hermon koto

    Gus sholah perlu mempelajari islam lebih dalam lagi, kalau begitu gus sholah cuma islam KTP doang.

  • samuel

    Pada ribet kayak entut smua klo gak sefaham yaa udah gak usah sok bener sendiri apalagi menghina Jusyru perbedaan itulah rahmat

    • Aspari

      Eeee sobat , itu Hadist palsu. Islam itu satu yang dasarnya hanya Al-Qur’an dan Hadist Yang Shahih. Tak ada beda-2, kayak Nasrani aja. Walau Nabi SAW bilang nanti ada 73 golongan, Tapi tetap hanya satu yang benar

      Orang-2 bodoh selalu beralasan, orang Nasrani ngucapin Hari Raya Id kok kekita. Lalu apa salahnya kita ngucapan kalimat maksiyat itu. Mereka lupa Selamat Hari Raya tak mensiratkan Ibadah apa-2, kecuali kemenangan ba’da shaum, Tapi kalimat maksiat itu jelas-2 berisi Ibadah. Maukah orang-2 Nasrani mengucapkan Selamat Idul Adha, mereka mengharamkannya, karena mereka tak mengakui pengorbanan Nabi Ismail. Tapi kalaulah Nabi Ishaq yang dijadikan korban baru mereka merasa dilibatkan Tuhan Bapa dalam peristiwa Nabi Ibrahim itu. Kita ini. Wahai Gus, ingat peringatan Allah SWT dalam Surat Al-Baqarah ayat 109 , 111 , 120 , Al-Imran ayat 28 , Al-Maidah ayat 51 dan masih banyak ayat-2 lainnya yang sudah dipastikan Gus lebih banyak tahu dari kita yg awam ini

      • samuel

        Kayak km yg paling bener aja

  • mamo adja

    begitulah tokoh NU dari dulu

  • abdurrahman

    jangan bikin bingung umat dong…

  • Putra Tente

    Gus soleh hanya melihat dampak sosialnya semata…!!! sedangkan agenda2 terselubung kristiani melalui misioneris2nya sudah sangat masif di segala aspek kehidupan kita termasuk di sekolah bg anak2 pembelajaran agama sdh di konfesionalkan hal ini tidak di kaji secara mendalam oleh semua pihak termasuk gus soleh atau pun MUI, Masalah iman d kenyakinan adalah hak personal seseorang dgn tuhanya yg mengalir secara alamiah tanpa harus dipaksakan atau dibatasi,mereka harus belajar dari dasar2 agama mereka tentang kebenaran itu, bagi umat islam adalah Alqur”an, dan Hadist, begitu pula kaum kristianisasi,apakah mereka mengikuti dasar2 agama isa almasih (yesus) dgn bahasa Ibraninya,dalam perjanjian lama, atau mereka mengikuti dasar2 Bibel,versi Kontantin (roma),amerika,inggris, jerman,maupun kitab dr HKBP maupun Advent di NTT

  • Dini Çalar

    hadeeeuuhh bpk gus sholeh aya2 wae ah. istiqfar pak
    jgn asal ucap saja.. khan ada hadish nya jg larangan ngucapi natal itu.
    klo begitu sekalian aja ngikutin valetine nan aja pak Gus sholeh hehee….

  • MUZNI SUBKHAN

    Saya teringat pada saat sekolah di SMP dulu, di dalam pelajaran PMP (Pendidikan Moral Pancasila) diungkapkan bahwa “Semua agama benar” dan “Semua agama baik” apakah doktrin ini juga berkaitan dengan pernyataan Gus Sholah yang membolehkan mengucapkan “Selamat Natal” kepada ummat Kristiani?

  • Erik Eri

    Sudah tua banyak yang lupa. Makintua makin begok. Makin tua mangkin sesat.

  • trisun123

    dari dulu kok selalu jadi polemik.. padahal sudah dijelaskan dari dulu juga berbagai macam alasannya..

  • dfriendly

    jangan mudah percaya sama GUS GUS dan GUS… kembalikan semua ajaran ke Al-quran dan Hadist…

Lihat Juga

Pauline Hanson dalam pidatonya yang bernada Islamofobia di Parlemen Australia, Rabu (14/9/2016). (abc.net.au)

(Video) Seorang Anggota Parlemen Australia: Kita Dalam Bahaya Dibanjiri Muslim