Home / Berita / Nasional / ICMI: Ilmuwan Barat Sering Menyusun Dasar Hipotesa dari Al-Quran dan Hadits

ICMI: Ilmuwan Barat Sering Menyusun Dasar Hipotesa dari Al-Quran dan Hadits

Anggota Dewan Pakar Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Prof. Dr. Rokhmin Dahuri. (iisd.ca)
Anggota Dewan Pakar Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Prof. Dr. Rokhmin Dahuri. (iisd.ca)

dakwatuna.comAnggota Dewan Pakar Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Prof Dr Rokhmin Dahuri mengatakan, ilmuwan Barat sering membuat dasar hipotesa dari Al-Quran dan Hadits.

“Tapi, ilmuwan Islam justru sebaliknya, jarang membaca, apalagi mendasarkan hipotesa pada Al-Quran dan Hadits,” ujar Rokhmin dalam diskusi ‘Penataan Iptek Bagi Pembangunan Peradaban Bangsa’ di Balai Sidang Jakarta, Rabu (19/12).

Rokhmin mengatakan, dalam surat Ali Imran mengandung banyak bidang keilmuan. Di antaranya tentang kejadian alam. “Tujuannya, agar umat Islam menguasai teknologi,”katanya.

Namun ilmuwan Barat, ujar Rokhmin, banyak yang tidak jujur jika memakai Alquran. Anehnya, ilmuwan Muslim malah alergi dengan Alquran dan Hadits.

Saat ini, kata Rokhmin, ilmuwan Muslim banyak yang menelan mentah-mentah iptek Barat. Padahal kemajuan Iptek yang dilakukan Barat terbukti gagal, berbeda dengan masa kejayaan iptek Islam.

“Kalau Barat berpikirnya bagaimana mematenkan dan menjualnya. Kalau Islam berbeda, ilmu itu harus disebarluaskan tanpa harus dijual,”katanya.

Rokhmin juga mendorong agar umat Islam tidak berhenti sebatas dengan pengetahuan yang dimilikinya. Dia yakin kejayaan iptek sesungguhnya adalah bermanfaat bagi seluruh umat manusia. (Dyah Ratna Meta Novi/antara/ROL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Penyebutan Kata “Mesir” di Dalam Al-Quran