Home / Berita / Nasional / Bisnis Wisata dan Travel akan Segera Berlabel Syariah

Bisnis Wisata dan Travel akan Segera Berlabel Syariah

Ilustrasi - Salah satu lokasi tujuan wisata di Indonesia, Gunung Bromo. (inet)
Ilustrasi – Salah satu lokasi tujuan wisata di Indonesia, Gunung Bromo. (inet)

dakwatuna.com – Jakarta. Bisnis travel atau wisata perjalanan serta perhotelan yang berbasis syariah akan dimulai pada tahun depan. Pelaksanaannya sedang digodok di ranah Kementerian Perekonomian Kreatif dan Pariwisata.

Ma’ruf Amin, Ketua, Dewan Syariah Nasional (DSN) Majelis Ulama Indonesia (MUI), ketika ditemui di Bursa Efek Indonesia (BEI), jakarta (18/12/2012) mengatakan akan mengembangkan sertifikasi syariah bagi hotel ataupun biro perjalanan yang biasanya tidak menggunakan akad syariah.

Ia mengatakan, bahwa hari kamis (20/12/2012) akan diadakan kerja sama dengan kementrian ekonomi dan pariwisata. “Akan diadakan kerjasama dengan kementrian terkait”, katanya. Ia mengatakan, nantinya beberapa hotel akan diatur dengan standarnisasi syariah baik melalui pakaian dan tata cara pelayanan. Sehingga, nantinya akan menjauhi dari cara-cara yang tidak syariah.

Hotel tidak boleh menjual rokok, bir dan travel akan diatur sedimikian rupa agar tidak memakai baju yang mempertotonkan aurat. Dan penggunaan rokok pun akan diatur sedimikian rupa. Ia optimis cara-cara ini akan menaikan pendapatan melalui bisnis pariwisata yang kian berkembang ia beralasan di beberapa negara lain juga dikembangkan sistem syariah.

Di beberapa negara seperti di Malaysia, Thailand, Singapura dan negara lainnya sudah dikembangkan hal ini. Dan cara ini akan menaikan pendapatan bisnis pariwisata dengan segmentatif.”Jadi ada kejelasan untuk segmen tertentu yang bisa dikunjungi keluarga tertentu,” katanya. (tribunnews)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

bank syariah

Good Corporate Governance (GCG) di Bank Syariah dan Bank Konvensional

Organization