Home / Berita / Internasional / Asia / Blokir Youtube, Iran Bikin Video Streaming Lokal

Blokir Youtube, Iran Bikin Video Streaming Lokal

Mehr, saingan YouTube di Iran. (yahoo.com)

dakwatuna.com – Teheran. Situs berbagi video gratis di dunia maya bertambah. Pasalnya Iran kini telah meluncurkan situs web baru untuk warga negaranya guna berbagi video pendek layaknya YouTube.

Website yang dinamakan Mehr yang berarti kasih sayang menurut bahasa Persia, dijalankan oleh Republik Islam Iran Broadcasting. Selain Mehr, Iran juga memiliki saluran video lokal populer “Aparat”, yang dikelola oleh perusahaan yang sama, juga jaringan sosial Iran Cloob.

Menurut BBC, jaringan YouTube yang dioperasikan Google, diblokir di negari mullah sejak 2009 meski masih banyak warga Iran mengaksesnya. Mereka menggunakan jaringan privat Virtual, atau VPN, yang dilarang penggunaannya tetapi memungkinkan peselancar untuk mem-bypass filternya.

Video online memamg sangat populer di Iran. Tetapi dengan kecepatan internet yang rendah, kurang daripada 1Mbps (megabit perdetik) membuat streaming jadi masalah besar. “Memiliki kecepatan dan streaming berkualitas baik dan video yang stabil itu mustahil. Men-downloadnya (Mehr) adalah pilihan yang lebih baik,” kata wartawan BBC Adel Shaygan.

Sementara ini belum ada data tentang penggunaan Mehr, namun konten “Aparat” yang telah beredar selama beberapa tahun, merupakan 13 situs paling populer di Iran menurut Alexa. Layanan video streaming Aparat berbasis di Iran dan mematuhi undang-undang lokal yang mengatur isinya tetapi memiliki sponsor Internasional termasuk perusahaan elektronik LG.

YouTube resmi disensor di negara itu setelah terjadinya aksi protes dan tuduhan manipulasi hitungan suara pada pemilihan Presiden Mahmoud Ahmadinejad tahun 2009. (Esy/jpnn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

(Video) Ini Rekaman Lengkap yang Sebabkan Takbir Bergemuruh di Paripurna DPR