Home / Ramadhan / Membangun Citra Positif

Membangun Citra Positif

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (inet)

dakwatuna.com – Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Tiada bulan yang mampu menggerakkan manusia untuk beribadah secara masif sebagaimana bulan Ramadhan. Tidak ada bulan yang mampu merubah perilaku manusia secara revolusioner, selain bulan Ramadhan. Tidak ada bulan yang setiap harinya menghadirkan keutamaan-keutamaan yang besar bagi hamba-hamba Allah yang beriman, selain bulan Ramadhan.

Sebagaimana yang ditegaskan oleh Rasulullah SAW, ”Jika datang bulan Ramadhan akan dibukakan pintu surga, dan ditutuplah pintu-pintu neraka. Setan dibelenggu.” Pada bulan Ramadhan, orang-orang yang semula gemar melakukan keburukan dan kemungkaran, mereka rela dengan merubah perilakunya menjadi orang yang senantiasa gemar melakukan kebaikan-kebaikan.

Yang semula malas ke masjid, kini rajin datang memakmurkan masjid dengan shalat berjamaah. Yang semula enggan menyentuh Al – Quran, kini mereka gemar membuka dan membaca Al – Quran bahkan mengkhatamkannya dalam waktu satu bulan. Mereka yang enggan hadir di majelis ta’lim, kini mereka gemar meramaikannya bahkan berlomba untuk duduk di bagian barisan paling depan dalam forum majelis ta’lim. Mereka yang semula bermalas-malasan beribadah kini berlomba-lomba seakan-akan ingin memimpin pasukan kaum abidun, orang-orang yang beribadah di jalan Allah SWT.

Ramadhan hadir memberikan aura yang penuh dengan kebaikan-kebaikan. Ketenangan, kedamaian, kemaafan mewarnai sikap dan perilaku manusia. Bahkan manusia seakan-akan terpicu untuk menampilkan eksistensi dirinya yang sejati sebagai makhluk suci, pengusung nilai-nilai kebajikan, cinta kasih, dan juga berbagai macam rahmat kasih sayang sesama manusia. Dengan bulan Ramadhan, manusia mampu menampilkan citra positif dirinya sebagai penghuni surga yang berjalan di muka bumi. Hal ini selaras dengan apa yang disabdakan Rasulallah saw, “Hendaknya engkau menjadikan orang yang mampu membangun citra positif dalam kehidupan. Sesungguhnya citra positif akan menghantar kepada kebaikan. Sesungguhnya kebaikan menghantar seseorang masuk pada jannah. Jika seseorang senantiasa menampilkan citra positif dirinya sehingga ia kan dicatat di sisi Allah swt sebagai orang yang mampu membangun dan menampilkan citra positif.”

Saya Sukeri Abdillah berzakat di Dompet Dhuafa.

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

About these ads

Redaktur: Lurita Putri Permatasari

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 9,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Sukeri Abdillah

Lihat Juga

Repro negatif potret RA. Kartini (wikipedia)

Kartini Inspirator Bangsa dalam Membangun Keluarga yang Kokoh

Organization