Home / Dasar-Dasar Islam / Tazkiyatun Nufus / Teruslah Bergerak Ikhwah Fillah!

Teruslah Bergerak Ikhwah Fillah!

Ilustrasi (inet)

dakwatuna.com – Dakwah ini adalah perjuangan. Sudah sunnatullah, dalam perjuangan ada kalanya menemui kemudahan, namun ada kalanya menemui kesulitan. Lalu jika menemui kesulitan, maka timbullah rasa sedih, risau, bimbang, atau perasaan kecewa lainnya. Ini manusiawi. Tapi mari kita berusaha menjadi manusia Rabbani, yang selalu mengajarkan Al Kitab dan tetap mempelajarinya. Dalam Al-Qur’an surat Alam Nasyrah ayat 1-4 disiratkan bahwa sejak menempuh jalan dakwah ini Allah SWT telah melapangkan dada kita, telah menghilangkan beban yang memberatkan punggung, dan meninggikan nama kita dengan Islam.

Namun jalan dakwah ini memang sulit, jalan yang panjang, tidak mudah, sehingga tidak semua orang lulus ujian dalam menempuhnya. Untuk itu Allah SWT telah berjanji bahwa sesudah kesulitan ada kemudahan. Bahkan janji ini disebut dua kali berturut-turut dalam surat Alam Nasyrah. Barangkali karena kondisi sulit sering membuat kita lupa akan janji Allah itu, sehingga Allah SWT menyebut janji tersebut dua kali berturut-turut.

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا ﴿٥﴾ إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا ﴿٦﴾

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan…” (QS. Alam Nasyrah: 5-6)

Bagaimana mungkin kemudahan diraih setelah kesulitan demi kesulitan kita hadapi? Allah SWT menyebutkan kunci rahasianya. Rahasianya adalah dengan “terus bekerja”, ya, terus bekerja. Lihat saja lanjutan surat Alam Nasyrah tersebut,

فَإِذَا فَرَغْتَ فَانصَبْ ﴿٧﴾

“Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain…” (QS. Alam Nasyrah: 7)

Ini artinya bekerja secara kontinyu, tidak kenal kata henti, walau kesulitan yang dihadapi. Dan tidak hanya terus bekerja, tapi juga bekerja dengan sungguh-sungguh, bukan bekerja asal-asalan. Subhanallah, ini rahasianya.

Maka tidak heran dalam surat At Taubah Allah SWT juga berfirman:

وَقُلِ اعْمَلُوا فَسَيَرَى اللَّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُ وَالْمُؤْمِنُونَ ۖ وَسَتُرَدُّونَ إِلَىٰ عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ ﴿١٠٥﴾

“Dan katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.”” (QS. At Taubah: 105)

Lalu syarat sukses dalam bekerja adalah kelapangan dada. Itulah sebabnya mengapa Allah SWT mengawali surat Alam Nasyrah dengan kelapangan dada di ayat 1:

أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ ﴿١﴾

“Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?” (QS. Alam Nasyrah: 1)

Jadi, apabila dada terasa sempit karena kesulitan yang sedang dihadapi, berdoalah seperti nabi Musa,

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي ﴿٢٥﴾ وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي ﴿٢٦﴾

“…Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku” (QS. Thahaa: 25-26).

Satu lagi kunci rahasia yang amat sangat penting, yaitu,

وَإِلَىٰ رَبِّكَ فَارْغَب ﴿٨﴾

“Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.” (QS. Alam Nasyrah: 8)

Karena pertolongan dan kemenangan itu datangnya dari Allah SWT.

Inilah rahasia-rahasianya, kelapangan dada, terus bekerja, dan pengharapan selalu kepada Allah Azza Wa Jalla. Inilah jalan yang pernah ditempuh Rasulullah SAW tauladan kita. Jadi tidak kenal kata henti dalam kamus kita, tidak ada waktu istirahat hingga ajal tiba, terus bergerak ikhwah fillah di manapun berada!

(hdn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (17 votes, average: 9,35 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

  • mari berdakwah, ALLAHU AKBAR!!

  • ternyata jalan yang ku pilih sdh benar-sebenar benarnya.
    harus benyak belajar lagi ini, I’m muslim and i’m proud ..

Lihat Juga

Ilustrasi. (inet)

Lembaga Dakwah Membina Hubungan dengan Pers

Organization