Home / Berita / Nasional / Jilbab Dilarang di Poltekes Sorong, MUI Akan Tanya Menkes

Jilbab Dilarang di Poltekes Sorong, MUI Akan Tanya Menkes

Ilustrasi - Mahasiswi berjilbab di antara rekan-rekannya di salah satu Politeknik Kesehatan (Muflikh Farid/Malang Post)

dakwatuna.comKetua MUI Sorong, Muchsin akan mempertanyakan kepada Menkes dalam waktu dekat ini perihal larangan pemakaian jilbab di salah satu Poltekes di Sorong. Alasan tak diijinkannya memakai jilbab menurut pihak kampus adalah otonomi kampus dan kebersamaan.

“Kami akan mempertanyakan kepada menkes apakah ada aturan otonomi kampus yang seperti itu. Sekarang masih membuat surat-surat dulu”, katanya.

Pengaduan ke Menkes ini disebabkan karena Poltekes ada di bawah naungan Kementrian Kesehatan.

Sebelumnya, MUI sudah mengadakan dialog dengan pihak kampus namun belum menemukan titik temu. “Mereka mengatakan tidak melarang memakai jilbab, tapi ketika di kelas dan praktik harus dibuka. Padahal kegiatan di kampus intinya ya di kelas dan praktik,” ungkapnya.

Menurut Muchin, aturan ini mengada-ada karena berjilbab merupakan hak setiap Muslimah.

Larangan pemakaian jilbab di Poltekes ini baru terungkap setelah salah seorang calon mahasiswi berjilbab yang telah membayar uang registrasi dipanggil oleh ketua jurusan keperawatan. Ia diberikan dua pilihan yakni membuka jilbab ketika di kelas dan saat praktik atau mengundurkan diri. (Siwi Tri Puji B/c23/RoL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (21 votes, average: 9,24 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Dewi

    hari gini k
    o’ masih ada spt itu…”jadul” banget..deh…

  • Innalillahi wa inna ilaihi raaji’uun
     

  • Youknows_rose

    Muuungkin maunya kampus, yg laki laki pake koteka trus yg perempuan menyesuaikan..hmmmm..hari gini…

  • Bunda_nasmah

    Di Jepang Aja gak masalah pake jilbab di kampus, kenapa di Indonesia dilarang… Hari Gini masih mempermasalahkan pakaian, kapan majunya pendidikan Indonesia…

  • Abu Robbanie

    Sudah tidak jamannya lagi suatu perguruan tinggi/universitas2 ataupun siapa saja yg ada di Indonesia melarang pemakaian jilbab, itu sudah melanggar hak2 seorang muslimah. Jilbab merupakan perintah Alloh, yg tdk berhak org lain melarangya.

  • Abu Robbanie

    Terlaluuuuu! Itu kata H.oma irama. Pemerintah harus cepat bertindak. Sehingga mereka tdk sewnang2 terhadap wanita2 muslimah.

  • Zieandien

    waaaaaaaahh perlu di pertimbangkan kelanjutan lembaganya nii,,

  • Ugy

    Tutup aja kampus yg punya kebijakan seperti itu

  • asu emang yang bikin peraturan gitu, bakar aja.

  • Mudah2an Alloh memmberi hidayah bagi orang yg melarang berjilbab. Dan Mengistiqomahkan yang terus memakai Jilbab.

  • maunya kampus mahasiswinya kagak pakek baju kali..bisa langsung praktek

  • Amy Iban Altoub

    masalahanya apakah menkes akan menanggapi positif? soalnya menkesnya sendiri non muslim

  • Jokosemoga Setio

    kampus katrooook

  • rahayu

    cm ngelus dada,,, ituh slh satu orang indo tk betah dingra sendri,,, trmsk sya,,

  • rahayu

    cm ngelus dada,,, ituh slh satu orang indo tk betah dingra sendri,,, trmsk sya,,

Lihat Juga

surat-mui-ke-al-azhar

Terkait Kunjungan Saksi Ahli dari Mesir, MUI Surati Grand Syaikh Al Azhar