Home / Berita / Internasional / Asia / Pemondokan Haji Kelar 96%, Terjauh 2,5 Km dari Masjidil Haram

Pemondokan Haji Kelar 96%, Terjauh 2,5 Km dari Masjidil Haram

Ilustrasi - Calon Jamaah Haji

dakwatuna.com – Jakarta. Kabar gembira bagi jamaah haji 2011 yang mulai terbang awal Oktober nanti. Karena pemondokan haji selama di Makkah berada di “ring I” alias sangat dekat dengan Masjidil Haram.

“Perumahan sudah beres 96 persen, sisanya semoga bisa kurang dari 5 bulan lagi,” jelas Staf Teknis Haji KJRI di Jeddah, Subhan Cholid pada detikcom dan RRI, di sela-sela pelatihan petugas panitia haji non kloter, Rabu (29/6/2011).

Pelatihan ini diikuti oleh 815 peserta dari seluruh Indonesia, bertempat di Asrama Haji Pondok Gede, Jl Raya Pondok Gede, Jakarta Timur. “Jarak maksimal pemondokan dengan Masjidil Haram 2.500 meter, jadi ada juga yang pemondokannya hanya 600 meter dari Masjidil Haram,” tuturnya.

Dibanding haji tahun-tahun sebelumnya, jelas ini sangat menguntungkan karena jamaah tidak perlu menempuh jarak yang melelahkan. Coba bandingkan pemondokan tahun 2008 yang berjarak 13 km, tahun 2009 yang berjarak 7 km, dan 2010 yang berjarak 4 km.

Subhan menuturkan, pemerintah Saudi mensyaratkan pada panitia haji untuk menyediakan transportasi bagi jamaah yang tinggal lebih 2.000 meter dari Masjidil Haram. Tapi penggunaan sarana transportasi seperti bus dinilai tidak efektif karena lalu lintas di sana sangat macet. Wajar saja, karena jamaah haji sedunia akan tumplek di kota ini.

“Jadi tidak perlu transpor karena tidak menyelesaikan masalah, karena Makkah akan padat sekali, macet sudah pasti,” ungkapnya.

Subhan menuturkan, tarif pemondokan tersebut 3.600 riyal per orang selama musim haji ini. (nrl/lrn/Nurul Hidayati/dtc)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (10 votes, average: 7,70 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Menteri Agama Lukman Hakin Saifuddin mengatakan, hingga saat ini, visa jamaah haji  gelombang dua mendatang belum semua selesai. (kabarmakkah.com)

Hingga kini, Visa Haji Gelombang Dua Belum Selesai