Home / Berita / Nasional / Menkominfo Imbau Dai Melek Teknologi Informasi

Menkominfo Imbau Dai Melek Teknologi Informasi

Menkominfo RI, Tifatul Sembiring

dakwatuna.comMenteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, mengimbau kepada para da’i di Sumatera Barat agar ‘melek’ terhadap Teknologi Informasi (TI) sehingga bisa digunakan sebagai salah satu sarana penyebaran dakwah Islam.

“Ketika para da’i memahami dan menguasai penggunaan teknologi informasi, maka bisa digunakan sebagai salah satu sarana dakwah kepada masyarakat,” kata Tifatul Sembiring di Padangpanjang, Sumatera Barat, Senin (27/6). Hal itu disampaikannya saat tampil memberikan orasi ilmiah pada Peringatan Satu Abad Perguruan Thawalib Padang Panjang, di Aula Hamka Kompleks Perguruan Thawalib.

Dikatakannya, pada era sekarang dengan penguasaan teknologi informasi yang baik, da’i bisa memanfaatkan situs jejaring sosial sebagai salah satu sarana dakwah dan tidak hanya berdakwah di mimbar saja. “Para Da’i harus bisa melek TI agar bisa menyebarkan dakwah melalui Facebook atau Twitter yang penggunanya setiap hari terus bertambah,” lanjut dia.

Menurut dia, Facebook dan Twiter sebenarnya bukanlah hanya sarana ‘cuap-cuap’ (bercerita red), caci maki, curhat atau lainnya. “Kedua jejaring sosial itu bisa menjadi salah satu media dakwah yang efektif mengingat pengguna facebook di Indonesia cukup besar, sehingga dakwah melaui media tersebur sangat mungkin dilakukan,” kata dia.

Ia mengatakan, semua jejaring sosial bisa jadi media dakwah. Sebab semua penggunanya pasti membaca postingan dakwah tersebut. “Jadi kecanggihan teknologi informasi bisa digunakan untuk dakwah dan jangan menjadi wadah untuk caci maki serta melihat gambar porno,” kata mantan Presiden PKS itu.

Pada peringatan Satu Abad Perguruan Thawalib Padangpanjang selain mengangkat orasi ilmiah oleh Menkominfo juga dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan. “Perayaan kali ini juga dihadiri oleh 1000-an alumni dari berbagai daerah,” kata Ketua Ikatan Alumni Thawalib Padangpanjang, Guspardi Gaus. (MIOL)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (6 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (Foto: unipd-centrodirittiumani.it)

Menjaga Hati di Dunia Maya

Organization