Home / Berita / Nasional / Rektor IPB: Ramadhan Transformasi Menuju IPB Lebih Baik

Rektor IPB: Ramadhan Transformasi Menuju IPB Lebih Baik

Rektor IPB Periode 2007-2012 Dr. Ir. H. Herry Suhardiyanto, M.Sc. (facebook)

dakwatuna.com – Bogor. Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Herry Suhardiyanto, M.Sc mengemukakan, Ramadhan yang sarat dengan nilai sabar, ikhlas, dan jujur dapat dijadikan sebagai transformasi dalam kebaikan menuju IPB yang lebih baik.

“Nilai-nilai Islami selama menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan lalu hendaknya dapat dilanjutkan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya pada acara “Halal bi Halal” menyambut Idul Fitri 1431 Hijriah, yang diikuti civitas akademikan dan karyawan IPB di Kampus Darmaga, Rabu.

Menurut dia, transformasi dimaksud bisa dimaknai sebagai upaya bersama menjadikan IPB sebagai perguruan tinggi yang terus meningkatkan mutu akademik dengan standar internasional bahkan menuju “World Class University”.

Ia juga mengemukakan bahwa ibadah Ramadhan yang telah ditunaikan hendaknya dapat dimaknai ibarat menapaki anak tangga pada tangga spiral.

“Di mana untuk mencapai tangga tertinggi melalui pendakian yang tajam sama seperti mencapai derajat tertinggi di mata Allah SWT,” katanya.

Pada kesempatan itu, Rektor juga berpesan kepada setiap warga IPB untuk selalu mensyukuri karunia yang sudah diberikan oleh Allah SWT.

Selain itu, Herry Suhardiayanto juga mengajak hadiri jangan pernah menertawakan dan memperolok orang lain, karena hal itu tidak baik dan akan menimbulkan kontra produktif dalam mengembangkan citra IPB.

“Jangan pernah mengolok-ngolok orang lain, karena bisa jadi yang diolok-olok itu lebih baik dari pada yang mengolok-olok, serta jangan pernah kalian memanggil dengan panggilan yang buruk,” katanya mengutip hadis Nabi Muhammad SAW.

Sementara itu, Kepala Humas IPB Ir Henny Windarti, MSi, mengatakan, acara silaturahmi melalui “Halal bi Halal” itu juga bagian dari rangkaian Dies Natalis IPB ke-47 yang bertemakan “Transformasi Perguruan Tinggi Akuntabel, Memperkokoh Karakter Bangsa dengan Ketahanan Pangan”.

Beberapa agenda Dies IPB yang dilaksanakan adalah bakti sosial dan santunan anak yatim, sidang terbuka, orasi ilmiah, jalan pagi sehat, lomba olah raga, seminar nasional, “farmer filed day”, studium general dan wisuda.

Selain itu, gerakan kampus bersih dan nyaman, forum IPB mendengar, malam apresiasi prestasi dan alumni award.

Pada kegiatan “Halal bi Halal” itu juga menghadirkan grup musik Bimbo yang terkenal dengan lantunan lagu berjudul “Sajadah Panjang” dan “Tuhan”.

Bimbo yang diperkuat oleh Sam, Acil, dan Jaka itu mampu “menghipnotis” civitas akademika IPB dengan melantunkan sembilan buah lagu.

Lagu yang dinyanyikan pada acara itu di antaranya “Rasul Menyuruh Kita”, “Setiap Habis Ramadhan”, “Balada Biduan”, “Lailatul Qadar”, “Sajadah Panjang”, “Bermata Tapi Tak Melihat”, “Tuhan”, “Jual Beli” dan “Ibu Pertiwi”.

Rektor IPB Herry Suhardiyanto juga sempat ikut melantunkan lagu “Sajadah Panjang” di
atas panggung bersama Bimbo.(*) (ANT=053/R009/ant)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 5,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (inet)

Pilihan Terbaik-Nya