Home / Berita / Internasional / Asia / Ahli Falak Saudi: 1 Syawal 1431 H Jatuh 10 September

Ahli Falak Saudi: 1 Syawal 1431 H Jatuh 10 September

Ilustrasi (inet)

dakwatuna.com – Mekah. Idul Fitri diprediksikan jatuh pada hari Jumat tanggal 10 September 2010. Sebab, hilal tenggelam pada tanggal 29 Ramadhan sebelum matahari terbenam. Posisi hilal akan berada tiga derajat di bawah ufuk ketika matahari terbenam sehingga tidak perlu menunggu penampakan hilal.

Demikian disampaikan oleh Hasan Bashira, Ketua Jurusan Ilmu Falak, Universitas Abdul Aziz, Jeddah sebagamana dikutip Alarabiya.net, Ahad (5/9).

Sementara itu, tradisi yang berlaku di Pengadilan Agung Al-Mahkamah Al-Ulya di Arab Saudi yang dulu disebut Majelis Pengadilan Tinggi Majelis Al-Qadla Al-A’la adalah rukyat hilal. Ketentuan tersebut sudah berjalan cukup lama. Tak hanya dalam menentukan awal dan akhir bulan Ramadhan tetapi juga bulan Dzulhijjah. Biasanya, hasil keputusan diumumkan secara luas setelah rukyat hilal.

Menariknya, rukyat tersebut masih dilakukan secara manual kasat mata. Sekalipun teropong dan alat modern sudah ditemukan. Sedangkan Daerah yang kerap digunakan sebagai lokasi rukyat hilal adalah kawasan Arab Saudi bagian tengah, terutama wilayah Sadir. Di kawasan itu banyak terdapat perbukitan yang konon menjadi lokasi rukyat hilal oleh warga sekitar sejak lama.

Sebelumnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan hari raya idul fitri 1 Syawwal 1431 H jatuh pada hari Jumat 10 September 2010 . Sedangkan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur memprediksikan Idul Fitri 1431 H akan bersamaan. Meskipun, ketetapan akhir menunggu sidang istbat pemerintah. (Budi Raharjo/Nashih Nasrullah/ant)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (11 votes, average: 8,91 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • HAMBA ALLAH

    Ass…
    terimakasih infonya
    wass…..

Lihat Juga

Syaikh Sudais, imam Masjidil Haram. (islammemo.cc)

Masa Jabatan Syaikh Sudais Sebagai Menteri Diperpanjang 4 Tahun

Organization