Home / Berita / PP Muhammadiyah Fatwakan Rokok Haram

PP Muhammadiyah Fatwakan Rokok Haram

dakwatuna.com – Jakarta – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengeluarkan fatwa baru mengenai hukum merokok. PP Muhammadiyah melalui Majelis Tarjih dan Tajdid telah berkesimpulan bahwa aktivitas merokok hukumnya adalah haram.

“Setelah mendengar masukan dari berbagai pihak, baik dari segi ekonomi maupun kesehatan, Majelis Tarjih dan Tajdid mengeluarkan amar putusan bahwa merokok haram hukumnya, ” ujar Ketua PP Muhammadiyah Bidang Tarjih Dr Yunahar Ilyas saat dihubungi wartawan, Selasa (9/3/2010).

Sebelumnya PP Muhammadiyah telah mengeluarkan fatwa mubah bagi perokok. Namun setelah ditelaah dan dikaji lebih lanjut, ternyata mudharatnya lebih banyak dibandingkan manfaatnya maka dikeluarkanlah fatwa haram merokok.

“Muhammadiyah pernah mengeluarkan fatwa mubah, setelah kita pelajari lagi dengan narasumber dari pihak kesehatan dan ekonomi, kita bahas kembali dan kita simpulkan merokok itu haram,” imbuhnya.

Menurut Yunahar, fatwa haram merokok diputuskan di dalam rapat Majelis Tarjih dan Tajdid yang dilakukan pada 8 Maret 2010 di Yogyakarta. Dalam rapat itu juga dibahas mengenai dampaknya kepada para petani tembakau.

“Kita juga siapkan program untuk membimbing petani tembakau agar beralih ke lahan usaha yang lainnya,”jelasnya.

PP Muhammadiyah juga siap jika nantinya akan ada pertentangan dari para petani tembakau dan perusahaan produsen rokok. PP Muhammadiyah akan terus mensosialisasikan fatwa haram merokok tersebut.

“Kita sosialisasi ke dalam dulu, nanti misalkan di rumah sakit, di tempat umum dan juga di kampus-kampus. Sebagian sudah melaksanakan kawasan bebas rokok,” ungkapnya. (mpr/nrl/detik)

About these ads

Redaktur: Ulis Tofa, Lc

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (32 votes, average: 9,38 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • chosiin

    ulama memang seharusnya tegas ketika memutuskan suatu hukum . ketika pertimbangannya adalah ekonomi/nafkah sebagian orang akan berkurang, maka yang harus dilakukan adalah bimbingan dan pemberdayaan. karena matapencaharian kan banyak, maka dari itu butuh ulama yang juga bisa memberikan solusi ketika suatu perkara di putus haram kemudian membawa dampak buruk
    wallahua’lam

    • Abu Achmad

      Betul akhi, kalau pertimbanganya ekonomi justru akan menjerumuskan umat

    • Abu Achmad

      Syukur Alhamdulillah, sekarang organisasi Muhamadiyah menyadari tentang haramnya rokok, padahal Rokok dan sejenisnya adalah haram karena anatara manslahat dan Madhorotnya lebih banyak Madhorotnya jadi langsung bisa dihukumi haram walaupun tanpa keputusan majelis tarjeh, atau apapun

  • Bukhori

    Alhamdulillah,jempol tk Muhammadiyah.Sbg ormas islam yg plg brpengaruh ddvnia mantap skali dlm brijthad,krn ulama2 tarjih yg brpkir sgt bijak dlm mnntkan hkum.Mrka brhkum dg mlhat dr bbrpa aspek shg kcil kmungknan mdpt prtntangan.Dr sisi eknomi,kshtan dll sdh mmprtmbgkn krn mmpnyai bid.d muh.yg konsen dlm hal tu jga.Fastabiqul khoirat

  • Abu Achmad

    Syukur Alhamdulillah, sekarang organisasi Muhamadiyah menyadari tentang haramnya rokok, padahal Rokok dan sejenisnya adalah haram karena anatara manslahat dan Madhorotnya lebih banyak Madhorotnya jadi langsung bisa dihukumi haram walaupun tanpa keputusan majels tarjer, atau apapun

  • wadiyo

    Ya ..begitulah biar hukum rokok semakin jelas..bila semua ormas Islam menyuarakan tentang haramnnya rokok kan bagi perokok bisa berpikir ulang untuk meneruskan merokok atau berhenti merokok,sebab jumlah perokok yang paling banyak di Indonesia adalah orang Islam

  • kid

    wah…gue sepakat banget tuh…
    lha wong ulama sedunia aja mengharamkan rokok kok…
    masak hanya di indonesia saja yang tidak… malu donk ah..
    gimana kalo generasi mudanya ahli perokok semua,, wah..wah kalo jadi pemimpin bangsa bakalan berabe deh masalah rokok…
    STOP SMOKING CIGRARET……..

  • gueneh

    Alhamdulillah ternyata banyak orang pintar dan peduli akherat. Jelas2 banyak mudhorotnya dari pada manfaatnya maka Haram. Maaf bagi orang2 yg belum pintar jangan berdalih di alquran gak ada tulisan rokok, jadi mari belajar tentang islam dengan benar.

  • gueneh

    para petani yang baik hati jauh dari korupsi, mari mulai beralih menanam yang menyehatkan bagi anak bangsa ini, janganlah diracuni anak bangsa ini dengan hasil pertanian yang gak menyehatkan.

  • gueneh

    sodara sodara ku, yang mengharamkan sesuatu hanyalah Alloh. Ulama, para pemikir muslim, pimpinan ormas muslim dsb hanya menggali dan bahwa sesuatu itu menurut hukum islam termasuk haram apa tidak, Alhamdulillah PP muhamadiyah sudah melakukan itu, mari kita ikuti

  • SAMPLE

    Memang sudh tgasnya para ulama mengkaji segala hal yang terjadi dimasyarakat umun termasuk mengkaji tentang rokok. tp alngkah lbh baiknya sblm membrikan fatwa bhwa sesuatu itu harm atau tdk dikaji sec. menyeluruh jgn hanya sebagian sample yang diambil. lihat lg makosidus syariahnya dan hal2 lainnya br diambil keputusan.

  • riza

    Assalamualaikum,

    Saya memiliki saudara2 dan teman2 yang masih bekerja di pabrik rokok, mereka sangat tergantung pada pekerjaannya untuk membiayai hidupnya dan keluarganya.
    Mereka sudah benar-benar ingin hijrah tapi sampai sekarang masih belum mendapatkan pekerjaan.

    Please advice

    Wassalam

Lihat Juga

Muhammadiyah - (rimanews.com)

Beberapa Pertimbangan ini Mendasari Muhammadiyah ajukan Judicial Review UU Tax Amnesty

Organization