Home / Berita / Presiden Yudhoyono Salurkan Zakat ke Baznas

Presiden Yudhoyono Salurkan Zakat ke Baznas

dakwatuna.com – Jakarta. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menunaikan kewajibannya sebagai muslim setiap menjelang Hari Idul Fitri dengan menyerahkan zakat fitrah dan zakat maal diri dan keluarganya kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang diwakili Ketua Baznas, KH Didin Hafiduddin.

Presiden menunaikan zakat fitrah diri beserta keluarga dan tanggungannya sejumlah 35 orang senilai Rp1.575.000 dan zakat penghasilan senilai Rp20.980.905, yang diserahkan kepada KH Didin Hafiduddin di Jakarta, Rabu (16/9).

Baznas menyalurkan sebagian besar dana zakat, infaq dan shadaqah yang diterima dalam bentuk program pemberdayaan yang terbagi dalam lima program utama, yaitu Indonesia Peduli (bantuan tanggap darurat kebencanaan), Indonesia Makmur (program pemberdayaan ekonomi), Indonesia Sehat (program layanan kesehatan), Indonesia Cerdas (program pemberdayaan pendidikan), dan Indonesia Takwa (program dakwah dan keagamaan).

“Melalui program-program tersebut diharapkan para mustahiq akan menjadi berdaya dan mandiri serta tidak memiliki sikap dan perilaku mengemis. Hal itu sejalan dengan Fatwa MUI tentang haramnya perilaku mengemis,” kata Didin.

Bentuk kepedulian Baznas terhadap peristiwa bencana di Tanah Air baru-baru ini ditunjukkan dengan bersama-sama membantu meringankan beban para korban Gempa di Jawa Barat yang terjadi pada 2 September 2009 lalu.

Selain memberikan bantuan tanggap darurat, katanya, Baznas juga melakukan pembangunan infrastruktur yang difokuskan pada beberapa objek vital seperti pipanisasi air bersih, fasiltas mandi cuci kakus (MCK), rehabilitasi masjid, musholla dan pesantren serta rehabilitas rumah warga yang mengalami kerusakan berat.

“Pada pekan ini, pembangunan infrastruktur sesuai kebutuhan setiap wilayah direncanakan sudah dimulai di tiga titik lokasi Posko Baznas dengan total anggaran senilai Rp1 miliar,” kata Didin Hafidhuddin.

Ketiga titik lokasi tersebut adalah di Tasikmalaya, Garut (Desa Cibalang) dan Desa Cicangkareng (Cianjur Selatan). (T.Ys/ysoel/kominfo)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Mahasiswa UIN Jakarta melakukan penggalangan Surat untuk Presiden di Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, (Rabu, 18/5/2016). (Bagja Nugraha/UIN Jakarta)

Peringati Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Mahasiswa UIN Jakarta Galang Aksi ‘Surat Untuk Presiden’

Organization