Home / Berita / Sidang Itsbat Awal Ramadhan Sore ini

Sidang Itsbat Awal Ramadhan Sore ini

dakwatuna.com – Jakarta, Menteri Agama Muhammad Maftuh Basyuni dijadwalkan Kamis (20/8) Sore akan memimpin siding Itsbat penetapan awal Ramadhan 1430 H, di Operation Departemen Agama, Jl.Lapangan Barat No.3-4, Jakarta Pusat. Hal itu diungkapkan Direktur Urusan Agama, Muchtar Ilyas, di Jakarta, kemarin.

Menurut Muchtar, sidang Itsbat penetapan awal Ramadhan 1430 H akan dihadiri Menkominfo Muhammad Nuh, perwakilan Ormas Islam, seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Persis, Al Wasliyah, Al Irsyad, Tarbiyah Islamiyah, Persatuan Umat Islam (PUI) Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dewan Dakwah Islam (DDI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI). Selain itu, akan hadir pula duta-duta besar negara-negara berpenduduk Muslim yang bertugas di Jakarta.

Muchtar menambahkan, para ahli hisab dan rukyah dari berbagai ormas Islam berkumpul dalam sidang itsbat untuk bermusyawarah dan memutuskan jatuhnya awal Ramadhan 1430 H yang selanjutnya ditetapkan melalui keputusan Menteri Agama.

Penetapan awal Ramadhan akan dilakukan berdasarkan perhitungan hisab dan rukyah. “Sama seperti tahun-tahun sebelumnya hampir di seluruh daerah melakukan ru’yatul hilal,” ujar Muchtar.

Departemen Komunikasi dan Informasi bekerjasama dengan Dep.Agama, kata Muchtar, akan melakukan ru’yatul hilal di 9 titik di seluruh Indonesia dengan menggunakan teropong canggih. Sembilan titik pemantauan tersebut terletak di Pantai Longa Aceh, Bosca Bandung, Pelabuhan ratu, Sukabumi, Gresik, Lamongan Jatim, Semarang, Kupang, Ternate, Makassar. (pinmas/taq/rep)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (7 votes, average: 9,71 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (change.org)

SNH: Lamban Tangani Kasus Penistaan, Polisi Diujung Tanduk

Organization