Topic
Home / Berita / Rilis Pers / Peresmian Sekolah dan Launching Program IVC di Gorowong Garut

Peresmian Sekolah dan Launching Program IVC di Gorowong Garut

dakwatuna.com – Garut. Setelah dua bulan lebih program bedah sekolah yang digulirkan Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU pada Senin, 18 Mei 2009 dengan peletakan batu pertama pembangunan Madrasah Ibtidaiyah At-Taufiq dilakukan.

Kini, PKPU akan melakukan peresmian bedah sekolah tersebut sekaligus pencanangan dan launching program Indonesia Village Care (IVC) di Kampung Gorowong, Desa Maroko, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat, 14 Agustus 2009 pukul 13.00 WIB.

Kegiatan peresmian bedah sekolah tersebut akan dipusatkan di Madrasah Ibtidaiyah At-Taufiq yang telah selesai direhabilitasi dan pada Kamis malam dijadwalkan diadakan syukuran bersama warga.

Pada acara tersebut akan dilakukan secara simbolis berupa: Pertama, peresmian MCK yang memberi makna bagi pencanangan kegiatan sanitasi lingkungan (untuk Program Komunitas Hijau). Kedua, pemberian bibit pohon albasia (untuk Program Sinergis Pemberdayaan Komunitas-PROSPEK). Ketiga, pemberian media pembelajaran seperti papan tulis, buku-buku keislaman serta buku-buku referensi (untuk Program Sekolah Berbasis Komunitas).

Acara tersebut akan diresmikan secara langsung oleh Direktur Utama PKPU Agung Notowiguno disaksikan Ajengan Fatihin serta akan dihadiri oleh Kepala Desa Maroko, donatur PKPU, tokoh masyarakat dan ulama Kampung Gorowong, Direktur Pendayagunaan Tomy Hendrajati serta warga masyarakat di Kampung Gorowong.

Untuk penanggungjawab utama kegiatan peresmian sekolah Madrasah Ibtidaiyah At-Taufiq ini adalah H.M. Suharsono, Lc didampingi penanggungjawab program Imam Zarkasi untuk Program Sinergis Pemberdayaan Komunitas-PROSPEK, Fery Suranto untuk program Komunitas Hijau dan Suharyanto untuk Sekolah Berbasis Komunitas.

Selain meresmikan Madrasah Ibtidaiyah dan Tsanawiyah At-Taufiq, PKPU juga mencanangkan sekaligus melaunching programIndonesia Village Care (IVC) di lokasi yang sama selama setahun.

“Meretas Peradaban Membangun Kemandirian, itulah pesan yang ingin disampaikan yaitu melalui pelaksanaan Program IVC diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi pemberdayaan komunitas sebagai entitas terkecil dari sebuah mimpi mewujudkan peradaban,” kata Agung Notowiguno, Direktur Utama PKPU.

Program IVC, kata Agung, nantinya akan menjadi “role model” dari upaya mewujudkan kemandirian masyarakat dengan harapan seluruh anggota komunitas menjadi “sehat, sejahtera secara ekonomi, dan terdidik dengan membangun insan pembelajar.

Implementasi dari program IVC, masyarakat ditempatkan sebagai subjek pembangunan, adapun pendamping komunitas nantinya hanya akan berperan sebagai katalisator yang akan mendorong peran serta aktif dari masyarakat dalam membangun komunitasnya.

Sedangkan sasaran program IVC diharapkan terwujudnya integrasi program pemberdayaan komunitas meliputi Program Sinergis Pemberdayaan Komunitas (PROSPEK), Komunitas Hijau, dan Sekolah Berbasis Komunitas (SBK), meningkatnya taraf hidup anggota komunitas di Kampung Gorowong.

Selain itu, meningkatnya kualitas lingkungan hidup di Kampung Gorowong dan diimplementasikannya Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta memperluas akses dan kesempatan belajar bagi anak usia sekolah di Kampung Gorowong serta terwujudnya masyarakat dengan pola pikir mandiri. PKPU juga akan mengirimkan 3 orang pendamping komunitas program yang berperan sebagai penggerak komunitas dalam aktivitas pemberdayaan masyarakat selama setahun.

Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi:

Cecep Y. Pramana
Media Center
Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU
Jl. Raya Condet No. 27-G Batu Ampar Jakarta Timur 13520
Telp: 021-87780015
Fax: 021-87780013
Mobile : 08128552568
Web : www.pkpu.or.id

Informasi program Peresmian ‘Bedah Sekolah’ Madrasah Ibtidaiyah At-Taufiq:
Tomy Hendrajati (Direktur Program-70334930, 0811979783)
H.M. Suharsono, Lc (GM Comdev-70334957, 0818183131)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 7.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Pernyataan Sikap PP Pemuda PUI Tentang Insiden Pembakaran Bendera Tauhid di Garut

Figure
Organization